Headline

Mahfud Sebut Dana Pilkada Serentak Sudah Cair

NasionalPos.com, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menyatakan anggaran Pilkada Serentak 2020 sudah cair. Dananya, siap ditransfer ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah.

“Menkeu Sri Mulyani sudah mencairkan kepada KPU Pusat tetapi ketua KPU Pusat belum dapat info dari sekjennya. Dan Sekretariat Jenderal belum mentransfer ke daerah karena daerah-daerah tersebut belum menyerahkan rincian kebutuhan,” kata Mahfud dalam keterangannya, Jumat (26/6/2020).

“KPU Jawa Timur yang sudah menyerahkan rincian kebutuhan, anggarannya sudah cair sejak lima hari yang lalu,” imbuhnya.

Mahfud menyarankan, jika KPU Pusat ingin agar dananya ditransfer ke KPU daerah, maka KPU daerah harus segera mengajukan rincian kebutuhannya secara resmi agar tak menyalahi UU. Karena itu, kata Mahfud, tidak ada alasan untuk menunda tahapan pilkada serentak, karena yang dari Menteri Keuangan dananya sudah cair sesuai dengan tahapan permintaannya.

Sebelumnya, dalam rapat bersama Komisi II DPR, Kamis (25/6/2020), Ketua KPU Arief Budiman mengeluhkan anggaran tambahan Rp 1,02 triliun untuk Pilkada 2020 belum cair. Padahal, kata Arief, penambahan anggaran tersebut sudah disepakati oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Sebetulnya waktu sudah berkali-kali direvisi. Kami minta batas waktunya 15 Juni, 15 Juni tahapan dimulai. Tapi, karena kami meyakini proses butuh waktu panjang, tahapan verifikasi faktual yang semula kita jadwalkan 18 Juni, kita geser lagi jadi 24 Juni. Ternyata sampai 24 Juni pun anggaran belum bisa dicairkan,” kata Arief. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top