Ekonomi

Wapres : Proyek Biaya Besar Ditunda Pengerjaannya Hingga 2022

Ma'ruf Amin

NasionalPos.com, Jakarta – Seluruh proyek yang biaya besar dipastikan ditunda pengerjaannya hingga 2022 – 2023. Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyataan penundaan proyek tersebut merupakan dampak pandemi Covid-19.

“Proyek-proyek yang membutuhkan biaya besar, barangkali untuk sekarang ditunda sampai 2022 atau 2023,” ujar Ma’ruf saat memberikan kuliah umum secara daring kepada peserta program pendidikan reguler angkatan (PPRA) Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas), Kamis (9/7/2020).

Ma’ruf menjelaskan, proyek-proyek tersebut tidak dibatalkan tetapi ditunda karena biayanya dialihkan untuk hal-hal mendesak.  Karena itu, pemerintah melakukan refocusing anggaran pada beberapa bidang, yaitu kesehatan, ekonomi, dan penanganan dampak sosial.

Selain itu, lanjut Ma’ruf, pemerintah yang semula memberikan stimulus untuk masalah ekonomi sebagai dampak Covid-19, kini sudah beralih pada pemulihan ekonomi melalui program pemulihan ekonomi nasional.

“Anggaran yang tadinya Rp 405 triliun sekarang jadi Rp 699 triliun. Sangat mungkin kalau terjadi di luar yang tidak kita harap, ini bisa bertambah lagi,” jelasnya.

Ma’ruf yakin Indonesia mampu melewati masa sulit selama 2020-2021 akibat pandemi Covid-19 ini. Ia juga optimistis pada tahun 2022 perekonomian di Tanah Air bisa kembali pulih.  (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top