Headline

Joko Tjandra Diciduk Di Malaysia

Joko Tjandra diciduk di Malaysia

NasionalPos.com, Jakarta – Buronan kasus korupsi hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra akhirnya diciduk di Malaysia. Ia dijemput menggunakan pesawat private jet di Kuala Lumpur, Malaysia. Setibanya di Bandara Halim, Joko Tjandra langsung digiring ke Bareskrim Polri untuk ditahan.

Buronan kelas kakap itu tiba di Bandara Halim sekitar pukul 22.43 WIB dengan pengawalan sejumlah personel Kepolisian yang dipimpin langsung oleh Kepala Bareskrim (Kabareskrim) Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Turun dari pesawat, Djoko Tjandra tampak diborgol dan mengenakan baju tahanan berwarna oranye dengan celana pendek.

“Bareskrim bersama tim khusus berangkat untuk melakukan pengambilan dan alhamdulillah berkat kerjasama kami dan kepolisian Malaysia saat ini Djoko Tjandra berhasil kita amankan,” ucap Listyo di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis malam (30/7/2020)

Tiba di Mabes Polri, Djoko Tjandra tak mau menjawab pertanyaan wartawan dan bergegas masuk Gedung Bareskrim. Ia enggan menjawab satu pun pertanyaan awak media. Djoko Tjandra pun dibawa oleh kepolisian untuk ditahan sementara.

Diketahui, Joko Tjandra merupakan terpidana kasus korupsi hak tagih Bank Bali yang melarikan diri menggunakan pesawat carteran dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Papua Nugini.

Joko Tjandra melarikan diri sehari sebelum putusan dari Mahkamah Agung (MA) yang memvonisnya bersalah pada kasus pengalihan tagihan piutang Bank Bali di tahun 2009 dan dijatuhi hukuman penjara selama 2 tahun.

Selain itu, ia harus membayar denda sebesar Rp15 juta dan uang yang disimpan Djoko Tjandra di Bank Bali sebesar Rp54 miliar harus dirampas untuk negara.

Djoko Tjandra sempat berada di Indonesia tanpa terdeteksi aparat penegak hukum dan pihak keimigrasian. Bahkan, dia sempat membuat E-KTP dan mengajukan permohonan Peninjauan Kembali di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 8 Juni 2020 lalu.

Diapun berhasil lolos keluar dari Indonesia menuju Malaysia. Dikabarkan Djoko Tjandra sakit dan berobat di Malaysia hingga akhirnya dibekuk. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top