Headline

Fachrul Razi Menyatakan Sertifikasi Penceramah Kemenag Bukan Kewajiban

Menag, Fachrul Razi

NasionalPos.com, Jakarta – Menteri Agama Fachrul Razi menyatakan program sertifikasi bagi para pendakwah bukan kewajiban. Karena itu, Menag menjamin aparat keamanan tak akan menindak para pendakwah yang sedang berceramah karena memiliki sertifikasi penceramah.

“Ada yang tanya, ‘Pak, apakah ini nanti ada penceramah yang tidak bersertifikat saat sedang memberikan ceramah diturunkan oleh aparat keamanan?’ Saya bilang itu pasti tidak akan terjadi,” kata Fachrul saat rapat kerja (raker) dengan Komisi VIII di DPR, Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Fachrul lantas menyatakan bahwa program settikiasi penceramah bersifat sukarela, sehingga bukan kewajiban bagi para penceramah keagamaan.

Ia pun membantah informasi yang beredar bahwa Kemenag mengeluarkan instruksi bahwa dai yang boleh berceramah hanya mereka yang sudah mendapatkan sertifikat dari Kemenag.

Menurutnya, program sertifikasi penceramah sengaja digelar agar makin banyak penceramah yang bisa memasukkan semangat kebangsaan dan ajaran keagamaan secara rahmatan lil alamin.

Fachrul menjelaskan, ada tiga tahapan agenda yang harus dilalui penceramah dalam program sertifikasi. Pertama, tahapan proses penilaian atas pengembangan potensi individu.

Kedua, pengetahuan soal fiqih dakwah, keterampilan pengetahuan mengenai moderasi beragama, metodologi keislaman era digital, dan wawasan kebangsaan.

Ketiga, monitoring evaluasi dan rencana tindak lanjut partisipan. “Ada pendampingan uji efektivitas program dan implementasi lapangan,” ujar Fachrul.

Sebelumnya, Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menyatakan siap mundur dari jabatannya jika MUI bersedia terlibat dalam program sertfikasi penceramah Kemenag. Sebab, program tersebut mendiskreditkan umat Islam.

“Bila hal ini terus dilaksanakan dan teman-teman saya di MUI menerimanya, begitu program tersebut diterima oleh MUI, maka ketika itu juga saya Anwar Abbas tanpa kompromi menyatakan diri mundur sebagai Sekjen MUI,” kata Anwar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/9/2020).  (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top