Headline

LCS Memanas, KSAL Akan Pindahkan Guspurla ke Natuna

Laksamana TNI Yudo Margono

NasionalPos.com, Jakarta – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono akan memindahkan markas Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada (Koarmada) I dari Jakarta ke Natuna. Langkah itu diambil menyusul situasi Laut China Selatan makin memanas.

“Nanti ke depan saya beri kebijakan Komandan Guspurla nantinya akan pindah ke Natuna,” kata Yudo di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (23/11/2020).

Yudo mengungkapkan, langkah ini untuk mengantisipasi kerawanan dan kemungkinan pecahnya perang di wilayah Natuna terutama yang berasal dari konflik antarnegara lain di Laut China Selatan.

Selain itu, lanjut Yudo, Langkah ini juga lantaran pelanggaran kedaulatan masih terjadi di Natuna. Bahkan beberapa waktu lalu, Coast Guard China kedapatan masuk ke wilayah Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia di Natuna.

Yudo pun tak menampik konflik yang terjadi antara Amerika bersama sekutunya terhadap China di wilayah Laut China Selatan pun kian memanas. Sehingga, .jika pecah perang, Indonesia khususnya Natuna akan terkena imbasnya.

Untuk itu, Indonesa harus mengantisipasinya. Salah satunya dengan menempatkan dan memfokuskan Guspurla untuk berjaga di wilayah tersebut.

“Untuk antisipasi situasi yang terjadi sewaktu-waktu, terjadi sesuatu, Guspurla bisa langsung pimpin kapal perang yang ada satuan tugas yang ada di sana,” jelasnya.

Yudo menambahkan, pemindahan markas Guspurla Koarmada I secara permanen. Markas yang semula berada di Jakarta itu akan berada di Natuna secara permanen demi menjaga kedaulatan Indonesia di wilayah perbatasan.

“Sehingga wilayah operasinya di Laut Natuna, sehingga akan lebih efektif apabila satuan Gugus Tempur Laut akan kita tempatkan di Natuna,” pungkasnya. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top