Headline

Jalan Trump Kandas, Biden Menang di Michigan

NasionalPos.com, Jakarta – Dewan pemilihan Michigan, Amerika Serikat secara resmi mengesahkan kemenangan Joe Biden pada Senin (23/11/2020), mengkandaskan jalan bagi Donald Trump yang berusaha menentang kekalahan.

Seperti dikutip dari AFP, Dewan menyatakan Biden meraih hampir 156.000 suara, unggul atas Trump.

Pengesahan tersebut kemungkinan akan mengakhiri upaya Trump untuk membalikkan hasil di Michigan, salah satu negara bagian yang harus ia kuasai untuk memenangkan pemilihan yang digelar 3 November lalu.

Tanpa menunjukkan bukti, petahana itu mengaku dikalahkan karena praktik pemungutan suara dan penghitungan yang curang di negara bagian.

Setelah kantong suara Demokrat yang meliputi Detroit mengesahkan pemungutan suara pekan lalu, Trump langsung memanggil anggota parlemen Republik di negara bagian itu ke Washington untuk melakukan pembicaraan.

Sekretaris Negara Michigan Jocelyn Benson mengatakan keputusan dewan, yang terdiri dari dua Demokrat dan dua Republik, menegaskan bahwa pemilihan dilaksanakan secara adil dan aman. “Dan hasilnya secara akurat mencerminkan para pemilih.”

Akhir pekan kemarin hakim menolak gugatan yang dilayangkan kubu Donald Trump terkait proses penghitungan suara di negara bagian Pennsylvania.

Mahkamah Agung Pennsylvania juga menolak gugatan Trump lainnya pada hari Senin atas penghitungan suara yang dikirim melalui pos.

Wilayah-wilayah Pennsylvania memiliki tenggat waktu hingga Senin untuk mengesahkan suara. Selanjutnya hasil tersebut diserahkan pada negara bagian yang kemudian mengumumkan pemenang.

Sekretaris negara Pennsylvania memiliki waktu hingga 30 November untuk melakukan pengesahan, tetapi kemungkinan besar rampung minggu ini, kata seorang pejabat.

Sementara Georgia mensertifikasi kemenangan Biden pada Jumat lalu setelah penghitungan ulang.

Nevada, salah satu negara bagian yang juga dipermasalahkan oleh Trump, akan mengesahkan pemungutan suara pada hari Selasa.

Dua negara bagian lainnya yang juga ditentang Trump, Wisconsin dan Arizona, memiliki waktu hingga pekan depan untuk menyelesaikan penghitungan. (CNN Indonesia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top