Headline

KPK Cecar Edhy Prabowo Soal Aliran Dana “Haram” Kasus Ekspor Benur

Edhy Prabowo

NasionalPos.com, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Edhy Dicecar soal aliran dana yang diterima dan dikelola oleh staf khususnya Amiril Mukminin terkait kasus perizinan ekspor benih lobster atau benur.

“Edhy Prabowo dikonfirmasi terkait dugaan penerimaan dan aliran sejumlah uang yang dikelola oleh tersangka AM (Amiril Mukminin),” kata kepada wartawan, Senin (28/12/2020).

Dalam kasus ini, KPK sudah menetapkan tujuh tersangka yaitu Andreau Pribadi Misata, Amiril Mukminin, Edhy Prabowo, staf dari istri Edhy Prabowo, Ainul Faqih.

Lalu, pengurus PT Aero Citra Kargo, Siswadi, Direktur PT Dua Putra Perkasa, Suharjito, dan staf khusus dari Edhy Prabowo, Safri.

Selain Edhy Prabowo, penyidik juga mulai memeriksa para eksportir benur. Salah satunya Direktur Utama PT Samudra Bahari Sukses, Willy, yang diperiksa sebagai saksi. Willy diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Chairman PT Dua Putra Perkasa Pratama (PT DPPP), Suharjito.

Penyidik mencecar Willy mengenai proses dan pelaksanaan ekspor benur yang dilakukan PT Samudra Bahari Sukses. Selain itu, Willy juga dicecar soal uang yang disetorkan kepada Edhy Prabowo melalui biaya kargo sebesar Rp1.800 per ekor benur.

“Saksi (Willy) dikonfirmasi terkait dengan proses dan pelaksanaan ekspor benih bening lobster yang dikerjakan oleh perusahaan saksi dan dugaan pemberian sejumlah uang dalam bentuk setoran kepada tersangka EP (Edhy Prabowo) melalui biaya kargo sebesar Rp1.800 per ekor BBL,” tutur Ali.

Sedianya, tim penyidik juga akan memeriksa dua eksportir benur lainnya, yakni Direktur PT Grahafoods Indo Pasifik, Chandra Astan dan Direktur PT Maradeka Karya Semesta, Untyas Anggraeni. Namun, keduanya mangkir.

Untuk itu, penyidik akan menjadwalkan ulang pemeriksaan keduanya. “Kedua saksi tidak hadir dan akan akan dilakukan penjadwalan ulang,” jelas Ali. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top