Headline

Tim Gabungan TNI Temukan Sinyal Serta Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SI 182

NasionalPos.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengungkapkanKapal Rigel milik TNI bersama tim gabungan telah menemukan sinyal dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182.  Tim juga menemukan serpihan pesawat.

Hadi menjelaskan, tim penyelam dari tim Kopaska yang melakukan penyelaman telah menemukan beberapa bagian dari pesawat seperti: pecahan pesawat, life vest, warna bagian dari pesawat, bagian registrasi pesawat dan sejumlah temuan lainnya. Barang-barang tersebut ditemukan dari kedalaman sekitar 23 meter dari permukaan laut.

“Kami mendapatkan laporan dari tim penyelam bahwa visibility di dalam air baik dan jelas sehingga memungkinkan ditemukannya sejumlah bagian dari pesawat. Mudah-mudahan sampai sore ini kondisi arus dan pandangan di bawah laut masih bagus sehingga kita bisa lanjutkan upaya pencarian. Kami yakin disitulah titik yang diperkirakan menjadi lokasi jatuhnya pesawat, mudah-mudahan bisa kita kembangkan dengan lanjut,” jelas Hadi di Kapal KRI John Lie milik TNI, Minggu (10/1/2021).

Sementara, Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono menjelaskan pihaknya sudah mengirim tim ke lokasi dengan menggunakan Kapal Baruna Jaya IV milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi bentuk atau objek di bawah permukaan laut.

“Kapal ini juga memiliki kemampuan membaca sinyal yang ada dalam dua jenis black box pesawat yaitu cockpit voice recorder (CVR) dan flight data recorder (FDR),” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta – Pontianak yang hilang kontak, jatuh di perairan Kepualauan Seribu, Sabtu (9/1/2021) siang.

“Bahwa telah terjadi lost contact pesawat Sriwijaya Air rute Jakarta – Pontianak dengan call sign SJY 182. Terakhir terjadi kontak pada pukul 14.40 WIB, dan kini jatuh di perairan Kepulauan Seribu. Untuk itu kami turut prihatin atas kejadian ini,” ujar Budi dalam jumpa pers secara daring, Sabtu malam (9/1/2021).

Pesawat tersebut mengangkut  sebanyak 50 penumpang dan 12 kru pesawat berada di dalam pesawat tersebut.  “Total penumpang 50 orang, bersama 12 kru yang terdiri dari 43 dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi,” kata Budi merinci.

“Mohon doa restu dari seluruh masyarakat agar proses pencarian dan penyelamatan berjalan dengan lancar,” imbuhnya.

Adapun hotline untuk informasi penumpang yakni dengan nomor 021-80637817.

Sementara posko berada di Terminal 2 D Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta.

Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 kali terdeteksi radar berada di atas perairan Pulau Seribu. Pesawat itu bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu (9/1/2021).

Pesawat berjenis Boeing 737-500 itu lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.36 WIB. Pesawat diperkirakan tiba di Pontianak pada pukul 15.15 WIB. (*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top