Headline

Adiknya Terpental, Kim Jong Un Jadi Sekjen Partai Buruh

Kim Jong Un

NasionalPos.com, Jakarta – Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, terpilih menjadi Sekretaris Jenderal Partai Buruh, posisi yang pernah dijabat oleh mendiang ayahnya, Kim Jong-il.

Dilansir Reuters yang mengutip kantor berita Korea Utara (KCNA), Senin (11/1/2021), keputusan itu diperkirakan bertujuan untuk semakin memperkuat posisi dan kekuasaannya di Korut.

Pemilihan itu digelar pada Minggu (10/1) dalam kegiatan kongres Partai Buruh Korea Utara. Kongres itu dilakukan untuk menetapkan garis besar haluan negara dalam kebijakan diplomasi, militer, dan ekonomi selama lima tahun ke depan.

Selain itu, kongres juga bertujuan memilih para pejabat yang layak untuk menjalankan tugas di sejumlah lembaga negara.

Kongres secara mutlak setuju terhadap usulan untuk mengangkat Kim menjadi Sekjen Partai Buruh Korea Utara. Mereka menyatakan jabatan itu penting untuk menjaga jalannya revolusi dan memandu kebijakan partai serta persatuan negara.

Kim naik ke pucuk kepemimpinan sejak sang ayah wafat pada 2011. Setahun kemudian, Partai Buruh Korut menetapkan Kim Jong-il sebagai Sekjen seumur hidup.

Sedangkan saat itu Kim Jong-un ditetapkan sebagai sekretaris pertama Partai Buruh.

Partai Buruh juga menggelar pemilihan dalam kongres untuk memilih anggota Komite Sentral. Lembaga itu menjadi yang paling berkuasa di partai dan negara, terutama badan Politburo.

Akan tetapi, adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong, yang sebelumnya dicalonkan tidak ada dalam daftar kandidat anggota Komite Sentral. (CNN Indonesia)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top