Headline

TNI AL Gelar Lomba Pesparawi Wilayah Jakarta TA 2020 Secara Virtual di Seskoal

NasionalPos,Jakarta – TNI AL menggelar Lomba Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Wilayah Jakarta TA 2020 secara virtual yang dilaksanakan di Auditorium Yos Soedarso Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Senin (08/02). Lomba Pesparawi Tahun ini mengungsung tema “Jiwaku Memuliakan Tuhan dan Hatiku Bergembira Karena Allah, Juru Selamatku (Lukas 1 :46b-47)”.

Lomba Pesparawi TA 2020 kali ini dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan dengan situasi Pandemi Covid-19, Lomba Pesparawi digelar secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting di satuan masing-masing. Tiap-tiap peserta mengirimkan hasil video rekaman kepada panitia pelaksana, selanjutnya pada Jumat 05 Februari 2021 di Auditorium Jos Soedarso Seskoal dinilai oleh dewan juri. Lagu yang dilombakan tahun ini meliputi lagu wajib yaitu Mari Kita Merayakan (Ciptaan Bapak Wahono Hadi ) dan Lagu pilihan (Lagu bertemakan Etnik Kedaerahan) yang dipilih oleh peserta lomba.

Acara didahului dengan Doa Pembuka oleh Kasirohkat Subdisbinroh Disbintalal Letkol Laut (KH) Bernadus Sumarwoto, S.Ag., menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Laporan Kesiapan Pelaksanaan Pesparawi oleh Ketua Panitia lomba Pesparawi TNI AL Wilayah Jakarta TA 2020 Letkol Laut (P) M.B. Pandjaitan., S.E., M.Tr.Opsla., yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Komandan Korps Siswa (Wadan Korsis) Seskoal, dilanjutkan dengan Sambutan Kasal yang diwakili oleh Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., dan selanjutnya penyerahan Piala Bergilir dari Kormar kepada Ketua Panitia lomba Pesparawi TNI AL Wilayah Jakarta TA 2020.

Peserta lomba Pesparawi TA 2020 terdiri dari Kotama TNI AL Wilayah Jakarta antara lain Mabesal, Koarmada I, Kolinlamil, Kormar, Seskoal, Pushidrosal dan Lantamal III Jakarta, yang seluruhnya merupakan prajurit, PNS TNI AL maupun anggota Jalasenastri yang beragama Kristen dan Katolik. Dengan dewan juri yang berasal dari Yayasan Musik Gereja Indonesia yaitu Godlief Soumokil (Otis), Margaretha Maartje Evernady Lilipory dan Bambang Yuswohadi.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., membacakan amanat tertulis Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menyampaikan bahwa Pesparawi merupakan salah satu bentuk pembinaan mental kerohanian umat Kristen dan Katolik yang mengedepankan seni tarik suara dalam rangka membina serta mendorong pengembangan budaya yang bernafaskan keagamaan.

Selain sebagai sebuah festival kerohanian, Pesparawi juga merupakan bentuk ucapan syukur dan pujian serta penyembahan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan rahmat dan Kasih-Nya selama Tahun 2020 yang telah lewat.

Lebih lanjut dikatakan dalam amanat Kasal, bahwa acara Pesparawi ini mengedepankan rasa persaudaraan yang utuh dan bukan kompetisi yang saling menjatuhkan. Setiap kata dari lagu-lagu pujian yang dinyanyikan hendaknya diresapi, dimaknai dan dijadikan sebagai tuntunan dalam berprilaku, hingga setiap kata dan tindakan prajurit selaras dengan nilai-nilai keprajuritan. Hal ini juga sebagai upaya dalam mewujudkan TNI Angkatan Laut yang professional, mandiri dan tangguh.

Pada Lomba Pesparawi TA 2020 sebagai Juara Pertama diraih oleh Tim Paduan Suara Korps Marinir (Kormar), Juara kedua diraih oleh Tim Paduan Suara Koarmada I dan Juara ketiga diraih oleh Tim Paduan Suara Mabesal, sedangkan Juara Harapan Satu diraih Tim Paduan Suara Lantamal III Jakarta. Masing-masing pemenang memperoleh Piala dan uang pembinaan. Selanjutnya pemberian hadiah kepada masing-masing juara oleh Komandan Seskoal serta penyerahan piala bergilir dari Komandan Seskoal kepada tim Paduan Suara Kormar.

Hadir dalam kegiatan lomba tersebut Kakoordos Seskoal Laksamana TNI Judijanto, S.T., M.Si., M.A., CHRMP., Kapusoyu Seskoal Kolonel Laut (P) Antonius Widyoutomo, S.H., dan beberapa pejabat Seskoal lainnya serta perwakilan dari tiap-tiap peserta lomba Pesparawi.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top