Jakarta,NasionalPos.com -Ketua CBS Jalasenastri Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) Ny. Ita Agung Prasetiawan beserta para pengurus CBS Jalasenastri Pushidrosal mengikuti pengajian dan doa bersama untuk 53 awak Kapal Selam yang telah gugur saat peristiwa tenggelamnya KRI Nanggala-402 secara virtual yang terhubung dengan Markas Besar TNI Angkatan Laut di Ruang Lounge Room Pushidrosal, Jalan Pantai Kuta V/I, Ancol Timur, Jakarta Utara. Selasa (4/5)

Pembukaan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dilanjutkan sambutan Ketua Umum Jalasenastri. Dalam sambutannya Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono yang hadir secara virtual pada acara tersebut mengatakan, musibah yang menimpa KRI Nanggala 402 sangat mengejutkan dan sungguh di luar dugaan, membuat kita dalam duka yang mendalam karena kehilangan 53 prajurit KRI Nanggala yang merupakan prajurit terbaik TNI AL dan putra terbaik bangsa. Duka mendalam ini bukan hanya dirasakan oleh keluarga besar prajurit KRI Nanggala 402, keluarga Hiu Kencana dan TNI AL tetapi juga dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia Internasional.

Musibah ini terjadi di saat dilaksanakan latihan di laut utara pulau Bali dan KRI Nanggala dinyatakan Lose Contact atau Submiss pada hari rabu tanggal 21 April 2021, upaya pencarian dan penyelamatan terus dilaksanakan oleh TNI AL dan juga dibantu oleh instansi lain serta Angkatan Laut Negara sahabat. KRI Nanggala dinyatakan fase SubSunk atau tenggelam pada hari Sabtu tanggal 24 April 2021, dan KRI Nanggala dinyatakan “On Eternal Patrol” atau Patroli selamanya dan tidak akan kembali. Insaha Allah para awak kapal KRI Nanggala 402 Khusnul Khotimah dan Syudaha di jalan Allah SWT, serta mendapat tempat terbaik dan mulia di sisi Allah SWT. Tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Ketua Umum Jalasenastri juga mengharapkan kepada keluarga para korban tetap selalu sabar, keikhlasan dalam menghadapi musibah yang terjadi.

Acara dilanjutkan pula pembacaan Surat Yassin, tahlil tahmid serta tausyi’ah singkat yang dipandu oleh Kadisbintalal Laksamana Pertama TNI Drs. Ian Heriawan.

Hadir dalam acara tersebut di antaranya pula Ny. Dhiyah Budi Purwanto selaku wakil Ketua CBS Jalasenastri Pushidrosal, serta para pengurus CBS Pushidrosal, dan diakhiri dengan foto bersama.(*)