Jakarta,NasionalPos.com – Dinas Kesehatan (Diskes) Kolinlamil yang diwakili Balai Pengobatan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya mengadakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) kepada jajaran prajurit Satlinlamil 2 Surabaya, di Mako Satlinlamil Surabaya, Jumat (21/5). Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dipantau langsung Komandan Satlinlamil 2 Surabaya Kolonel Laut (P) M. Nizarudin.

Uji pemeriksaan kesehatan bagi prajurit Satlinlamil 2 Surabaya ini merupakan instruksi Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah untuk seluruh jajaran Kolinlamil guna memeriksa kesehatan para prajurit dua kali dalam setahun.

Komandan Satlinlamil 2 Surabaya mengatakan bahwa uji dan pemeriksaan kesehatan (urikes) terhadap prajurit di jajaran Satlinlamil 2 Surabaya ini sebagai penanda awal dimulainya pelaksanaan Urikes yang rutin setiap tahun dilaksanakan dalam rangka pengecekan kondisi kesehatan seluruh personel demi mendukung tugas sehari–hari maupun tugas operasi.

Dalam pemeriksaan yang dipimpin Perwira menengah Diskes Kolinlamil Mayor Laut (K) Jarot Wicaksono dibantu Balai Pengobatan Satlinlamil 2 Surabaya ini meliputi Tes darah, tensi, urine, pemeriksaan jantung, pemeriksaan gigi dan mulut, rontgen, pemeriksaan THT serta pemeriksaan kesehatan jiwa.

Pemeriksaan kesehatan jiwa dimaksudkan untuk mempersiapkan mental dan kejiwaan dari personel Kolinlamil di dalam menyongsong tugas kedepan.

Pada kesempatan ini juga, para prajurit yang melaksanakan urikes diingatkan tentang waspada bahaya virus corona dan pencegahannya, diharapkan prajurit lebih memahami dan mampu melaksanakan pencegahan dini.

“Seluruh Prajurit Kolinlamil harus diuji dan diperiksa kondisi kesehatannya, selain kebutuhan rutin juga untuk mengetahui dan mendeteksi apabila ada gejala atau indikasi penyakit yang berbahaya. Apalagi kondisi sekarang dengan wabah virus Covid-19 yang harus diantisipasi penularannya” tutur Panglima Kolinlamil.

Selain itu hasil Urikes juga, merupakan salah satu syarat bagi personel yang bersangkutan untuk memenuhi persyaratan mengikuti pendidikan, penugasan, penempatan jabatan dan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP).

Sedangkan tujuan diadakannya urikes ini adalah, untuk mendeteksi sedini mungkin kesehatan dari prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) Satlinlamil 2 Surabaya guna mendukung pelaksanaan tugas pokok.

Harapan dengan diadakannya Urikes ini adalah untuk mencegah sedini mungkin terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga dapat lebih cepat untuk penanganan dan perawatannya apabila ditemukan permasalahan kesehatan prajurit.(*)