Jakarta,NasionalPos.com – Walikota Jakarta Utara Dr. Ali Maulana Hakim, S.I.P., M.Si. beserta segenap pejabat Pemda Jakarta Utara meninjau lokasi kegiatan Survei dan Pemetaan (Surta) hidro-oseanografi Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) di Danau Sunter, Jakarta Utara. Jum’at (28/5).

Wakil Komandan (Wadan) Pushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto, S.T., M.M mewakili Komandan Pushidrosal (Danpushidrosal) Laksamana Madya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P menerima kunjungan Walikota Jakarta Utara tersebut di Danau Sunter, yang sebelumnya diawali kegiatan gowes menuju danau Sunter Selatan, Jakarta Utara.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wadanpushidrosal, Danpushidrosal berharap momentum silaturahmi ini akan menjadi awal yang baik bagi pihak Pushidrosal dan Pemda Jakarta Utara dalam membangun kerjasama dan hubungan yang sinergis secara berkelanjutan guna menunjang dan menguatkan eksistensi organisasi.

Danpushidrosal menyampaikan bahwa Pushidrosal memiliki tugas melaksanakan operasi survei dan pemetaan hidros guna mendukung kepentingan militer maupun kepentingan publik, serta menyiapkan data dan informasi wilayah pertahanan di laut. Oleh karenanya, Pushidrosal secara aktif dan berkelanjutan melakukan survei untuk updating data hidros secara akurat, mutakhir dan secara terjamin ketersediaannya, sehingga dapat menghasilkan peta laut baik itu peta kertas maupun peta elektronik serta buku publikasi nautika.

Ditambahkannya, Pushidrosal telah melakukan survei dan pemetaan beberapa Danau sebelumnya, antara lain survei dan pemetaan danau Toba dan danau Maninjau, untuk mendukung pengembangan pariwisata dan potensi sumber daya alam yang terkandung di dalamnya yang memiliki kontribusi dalam pengembangan perekonomian.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Danpushidrosal mengharapkan agar survei yang sedang dilaksanakan di danau Sunter ini, dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan danau Sunter sebagai salah satu aset unggulan Pemda Jakarta Utara. Tentunya ke depan, menjadi suatu keniscayaan untuk dapat dilakukan survey Hidros di danau-danau lainnya di lingkungan Jakarta Utara dan atau mendukung pembangunan kelautan di Jakarta serta informasi fenomena Rob di pesisir Teluk Jakarta.

Sementara itu, Walikota Jakarta Utara dalam sambutannya sangat mengharapkan dengan pertemuan ini dapat mempererat tali persaudaraan, dapat menuntaskan beberapa hal teknis yang berhubungan dengan tugas yang melekat di kewenangan masing-masing, berkoordinasi, berkolaborasi dan saling menguntungkan, contohnya seperti yang sedang dilaksanakan yaitu pemetaan dasar danau yang dapat mengetahui kedalaman danau yang aman untuk dijadikan olah raga air (Ski Air).

Hadir dalam kegiatan tersebut, para pejabat utama Pushidrosal dan Pemda Jakarta Utara.(*)