Pada lawatan kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara, bertempat di Pos KBN TNI Angkatan Laut Talise Ketua DPR RI Puan Maharani memberikan bantuan 950 paket Sembako kepada masyarakat Desa Talise. Selain itu cucu proklamator itu juga ingin melihat secara langsung kondisi berbagai sarana publik dan permasalahan yang dialami masyarakat setempat. Kesempatan tersebut tidak disia-siakan masyarakat setempat, sejumlah warga menyampaikan harapannya mengenai peningkatan infrastruktur, listrik, perahu penangkap ikan, sekolah, dan layanan kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Puan berjanji akan menyampaikannya kepada kepala daerah untuk dicarikan solusinya. Puan ingin warga di Pulau Talise mendapat akses dan kesempatan yang sama untuk maju seperti warga di daerah lain. “Yang pasti, pemerintah Provinsi Sulut dan Kabupaten Minahasa Utara merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat, selalu hadir ditengah masyarakat terlebih masa Pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Sulut dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Ketua DPR RI ke wilayah kepulauan Talise. Ia menyampaikan bahwa pemerintah daerah terus mengupayakan memenuhi harapan seluruh warga. Olly juga mengatakan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Ketua DPR RI bersama Komisi IX DPR RI untuk memenuhi vaksinasi di Desa Talise pada masa pandemi Covid-19. Untuk kebutuhan listrik kami usahakan genset dari PLN. Pembangunan jalan juga sudah dianggarkan, dan sekolah-sekolah nanti kita bereskan,” kata Olly.

Dalam rangkaian kunjungan Ketua DPR RI dan rombongan VVIP tersebut, Lantamal VIII melaksanakan pengamanan laut dan patroli dan sterilisasi perairan Talise dengan menurunkan 3 unit KAL, 1 Sea Rider, 1 regu Prajurit Lantamal VIII dan 1 regu Prajurit Yonmarhanlan VIII Bitung dan unsur.(*)