Jakarta,NasionalPos.com – Memastikan kesiapan pelaksanaan event Kasal Cup Olahraga Perairan Tahun 2021, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., Selasa (15/6) meninjau lokasi sekaligus fasilitas yang akan digunakan dalam lomba tersebut, salah satunya venue Ski Indonesia Academy Ancol bertempat di Ancol, Jakarta Utara. Wakasal sekaligus berkesempatan mencoba mengendarai salah satu jetski tersebut.

Peninjauan dilaksanakan di sela-sela kunjungan kerja ke Pusat Hidro-Oceanografi TNI AL (Pushidrosal) dengan olahraga bersepeda didampingi Danpushidrosal Laksdya TNI Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P., Asintel Kasal Laksda TNI Angkasa Dipua, S.E., M.M., Askomlek Kasal Laksda TNI I.NG. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Irjenal Laksma TNI Sunaryo, CFrA., Koorsahli Kasal Laksma TNI M.Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., Waaspotmar Kasal Laksma TNI R. Eko Suyatno, S.E., M.M., serta para Kadis jajaran Mabesal.

Wakasal disela-sela peninjauan menyampaikan kepada panitia agar pelaksanaan kegiatan ini memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat dan faktor keamanan dan kenyamanan. “Perhatikan protokol kesehatan, faktor keamanan dan kenyamanan saat pelaksanaan, jadikan atlet-atlet ini aset bangsa untuk berkiprah di dunia Internasional dalam upaya mengharumkan nama bangsa”, ujarnya.

 

Kasal Cup yang akan digelar mulai 6 sampai 8 Agustus 2021 mendatang ini akan mempertandingkan enam cabang olahraga, yaitu renang perairan terbuka, dayung, selam, ski air, jetski dan layar, di beberapa lokasi yaitu Pantai Festival Ancol, Jetski Indonesia Academy, Dermaga Porlasi Sea Front, Pondok Dayung dan Danau Sunter. Kegiatan ini akan dibuka Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap olahraga perairan sangat tinggi, terbukti dari 2.000 kuota yang disiapkan, sampai saat ini sudah melampaui target hingga melebihi 3.250 orang.

“Panitia akan menyeleksi ulang peserta yang berkualitas agar bisa mewadahi animo peserta yang sangat antusias tersebut. Salah satu cabang olah raga dengan jumlah pendaftar terbanyak adalah dayung yaitu 1.250 peserta dari jumlah 800 kuota yang kita siapkan,” ucap Ketua Pelaksana Lapangan Kasal Cup olahraga perairan, Kolonel Marinir Citro Subono.

Kejuaraan yang mengusung tema, “Melalui Kasal Cup Tahun 2021 dan Dijiwai Semangat Kemerdekaan Indonesia ke-76 dalam Situasi New Normal Covid-19, Kita Wujudkan Jiwa Kebaharian dan Sportifitas Menuju Maritim Jaya Indonesia Maju”, ini selain bertujuan untuk memasyarakatkan olahraga perairan, juga untuk memberikan pembinaan kepada atlet-atlet olahraga perairan, membangun sumber daya manusia maritim sebagai salah satu upaya pembinaan teritorial matra laut dalam rangka Pemberdayaan Wilayah Pertahanan Laut (Dawilhanla) serta sebagai ajang pemanasan dalam menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan dilaksanakan di Papua pada bulan Oktober 2021 mendatang.(*)