Headline

Dua Tahun Kiprah Koopssus TNI Kawal Negeri

NasionalPos.com, Jakarta – Pasukan elite Komando Operasi Khusus (Koopssus) TNI hari ini memasuki usia kedua tahun. Dua tahun mungkin usia yang masih cukup muda bagi satuan komando khusus TNI.

Tapi, pasukan elite TNI yang berasal dari prajurit pilihan Tiga Matra TNI yaitu TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara itu tentunya memiliki kiprah yang sangat luar biasa dalam mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman, baik ancaman yag datang dari dalam maupun luar negeri.

Beberapa waktu lalu, pasukan elite Koopssus TNI dibawah komando Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon itu telah membuktikan kemampuannya dalam memburu kelompok teroris Poso pimpinan Ali Kalora.

Tepatnya pada tanggal 11 Juli lalu, lima prajurit Pasukan Elit TNI yang tergabung dalam operasi Tricakti Koopgabssus telah berhasil menyergap camp atau tempat persembunyian para terduga teroris kelompok Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) di pegunungan Tokasa, Parimo, Sulawesi Tengah.

Berkat kelihaian dalam bergerak senyap di tengah hutan yang dimilikinya, para personel Koopssus TNI itu berhasil menembak mati dua orang terduga teroris kelompok Ali Kalora. Teroris jaringan Poso yang tewas dalam operasi penyergapan itu adalah, Rukli dan Ahmad Panjang.

Selain itu, sebagai prajurit TNI yang tidak hanya memiliki kemampuan tempur, Koopssus TNI juga berkiprah dalam membantu pemerintah menghadapi pandemi COVD-19.

Sejak tanggal 19-27 Juli 2021 lalu, pasukan elite gabungan dari tiga Matra TNI itu telah menggelar serbuan vaksinasi di sekitar kampus Bina Nusantara School dengan target 5000 dosis vaksin. Serbuan vaksinasi yang dilakukan oleh jajaran Koopssus TNI itu juga merupakan salah satu bentuk operasi militer selain perang dalam membantu pemerintah Indonesia dalam rangka mempercepat herd immunity bagi masyarakat dalam melawan pandemi COVID-19 di seluruh Indonesia.

Dua tahun kiprah Koopssus TNI itu tentunya menjadi perhatian khusus dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Dalam momentum hari ulang tahun ke-2 kali ini, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto secara khusus mengucapkan selamat kepada jajaran pasukan elite Tiga Matra TNI itu.

Panglima TNI menilai, selama dua tahun ini Koopssus TNI telah berhasil menunjukkan profesionalisme-nya sebagai pasukan khusus Trimatra Terpadu.

Orang nomor satu di lingkungan TNI itu juga menilai, bahwa sejak diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, Korps Pasukan Khusus Tiga Matra Terpadu atau Koopssus TNI telah berhasil memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Kedepan, lanjut Panglima, Koopssus TNI harus semakin profesional dan selalu dalam keadaan siap dalam menjalankan perintah operasi yang sewaktu-waktu dibutuhkan.

“Hari ulang tahun harus dimaknai sebagai momentum untuk meningkatkan kiprah dan pengabdian kepada bangsa dan negara. Saya yakin Koopssus TNI akan semakin matang dan tajam sebagai ujung tombak kekuatan Trimatra Terpadu TNI. Jagalah kesiapan operasional yang tinggi, agar senantiasa siap untuk menjawab panggilan tugas. Dirgahayu Koopssus TNI Tricaksi Adhikari,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jum’at, 30 Juli 2021. (VIVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top