Headline

AS Bersama Jepang dan Korsel Mau Lucuti Nuklir Korut

NasionalPos.com, Jakarta – Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan akan menggelar pertemuan di Tokyo guna memecah kebuntuan upaya pelucutan senjata nuklir dan rudal Korea Utara yang selama ini mandeg.

“Ketiga negara diharapkan melakukan diskusi mendalam tentang cara mempromosikan kerja sama dalam mengelola situasi Semenanjung Korea secara stabil dan melanjutkan proses perdamaian dalam waktu dekat,” kata Kementerian Luar Negeri Korsel dalam sebuah pernyataan, Jumat (10/9).

Seoul menuturkan perwakilan khusus Korsel untuk urusan perdamaian dan keamanan Semenanjung Korea, Noh Kyu-duk, akan melakukan perjalanan ke Jepang selama tiga hari.

Rencananya, ia akan bertemu dengan utusan AS untuk Korea Utara, Sung Kim, dan Direktur Jenderal Biro Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang, Takehiro Funakoshi.

Selain membicarakan masalah rudal dan nuklir Korut, para utusan juga akan memperkuat kerja sama Seoul, Washington, dan Tokyo.

Pada Agustus lalu, Sung Kim mengatakan dirinya siap menemui perwakilan Korut di mana saja dan kapan saja.

Dikutip Reuters, selama ini upaya pelucutan senjata nuklir Korut masih jalan di tempat. Padahal, AS-Korut sempat sepakat untuk denuklirisasi Semenanjung Korea.

Pyongyang selama ini menyatakan bahwa mereka terbuka untuk diplomasi. Namun, sanksi AS dan latihan militer antara Seoul dan Washington kerap menjadi batu ganjalan diplomasi dengan Korut.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa ia akan mencari berbagai jalan diplomasi dalam usaha melucuti senjata nuklir dan rudal balistik Korut. Namun, Biden masih belum mau meringankan sanksi AS terhadap negara terisolasi itu. (CNN Indonesia)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top