Headline

Bertemu Menlu China, Presiden Korsel Minta China Mainkan Peran Jaga Perdamaian

NasionalPos.com, Jakarta – Perjalanan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi ke sejumlah negara Asia berakhir di Korea Selatan dan bertemu Presiden Moon Jae-in pada Rabu (15/9/2021) waktu setempat.

Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Korea Selatan sangat mementingkan hubungannya dengan China. Terlepas dari tantangan pandemi, Korea Selatan dan China telah mempertahankan komunikasi tingkat tinggi yang erat, dan kerja sama ekonomi dan perdagangan mereka telah berkembang, memberikan contoh yang baik untuk kerja sama internasional melawan epidemi,” kata Moon, seperti dikutip dari Global Times, Kamis (16/9).

Kepada Wan, Moon mengatakan bahwa negaranya berharap China akan terus memainkan peran konstruktif dalam menjaga perdamaian dan berkontribusi pada realisasi denuklirisasi Semenanjung Korea.

Dalam pertemuan tersebut, Moon juga menyatakan dukungan Korsel kepada China untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Sementara Wang mengatakan bahwa China dan Korsel adalah tetangga yang tidak terpisahkan, serta mitra yang saling menguntungkan dan saling menguntungkan.

Di bawah bimbingan strategis para pemimpin kedua negara, hubungan China-Korea Selatan telah mempertahankan momentum pembangunan yang baik, dan persahabatan semakin diperdalam melalui upaya bersama untuk memerangi pandemi, menurut Wang.

Wang juga mengatakan bahwa China dengan tegas mendukung upaya dua Korea untuk mengatasi kesulitan, menghilangkan gangguan dan meningkatkan hubungan.

Selain bersama Moon, Wang juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan Chung Eui-yong di Seoul, dan membahas masalah Semenanjung Korea.

Korea Selatan adalah perhentian terakhir Wang dari tur empat negara Asia setelah Vietnam, Kamboja, dan Singapura. (RMOL)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top