Headline

Konjen China di Brasil Diteror Ledakan

NasionalPos.com, Jakarta – China mengutuk keras insiden serangan di kantor konsulat jenderal mereka di Rio de Janeiro Brasil yang terjadi pada Kamis malam (16/9/2021) waktu setempat.

Lewat sebuah pernyataan yang dirilis di web Kedutaan Besar dan Konsulat China pada Jumat (17/9/2021) mereka mengutuk keras peristiwa itu. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sebagian gedung dilaporkan mengalami kerusakan.

Dalam rilisnya, China juga mengatakan bahwa pihaknya sedang menjalin komunikasi yang erat dengan pihak berwenang Brasil dan telah menyerukan penyelidikan menyeluruh atas serangan tersebut.

Selain itu, Beijing mendesak agar pelaku segera ditangkap dan diadili, serta mendesak pihak terkait melakukan upaya untuk mencegah peristiwa serupa terulang di kemudian hari.

“Kelancaran perkembangan hubungan China-Brasil sesuai dengan kepentingan esensial kedua negara. Setiap konspirasi oleh beberapa orang untuk menghancurkan persahabatan China-Brasil tidak akan berhasil,” kata pernyataan itu, seperti dikutip dari Global Tines, Sabtu (18/9/2021).

“Kami berharap dan percaya bahwa pemerintah Brasil akan mengambil langkah-langkah efektif untuk melindungi institusi dan personel diplomatik China sesuai dengan konvensi internasional seperti Konvensi Wina tentang Hubungan Diplomatik, dan memastikan bahwa keselamatan dan martabat institusi dan personel China di Brasil tidak dilanggar,” lanjutnya.

Menurut laporan media, seorang pria lokal melemparkan bahan peledak ke Konsulat Jenderal China di Rio de Janeiro pada Kamis malam. Insiden tersebut tidak menimbulkan korban jiwa namun gedung konsulat rusak sebagian. Polisi saat ini sedang mencari tersangka berdasarkan rekaman video keamanan.

Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 21.48 WIB. Sebuah video pengawasan menunjukkan seorang pria berpakaian hitam mengenakan topi dan penutup muka mengambil bahan peledak dari sakunya, menunggu sekitar 10 detik dan kemudian melemparkannya ke pintu gerbang konsulat jenderal dan kemudian melarikan diri.

Setelah menerima laporan, polisi Rio pergi ke tempat kejadian untuk mengumpulkan residu ledakan dan segera mulai mencari tersangka. (RMOL/nto)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top