Headline

Survei Tingkat Kepercayaan Publik, KPK Turun, TNI Teratas dan Presiden kedua

NasionalPos.com, Jakarta – Indikator Politik Indonesia (IPI) mengumumkan hasil survey terbarunya yang mengungkap penurunan tingkat kepercayaan public terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Posisi KPK melorot ke peringkat keempat dibawah kepolisian.

Survei nasional IPI dilakukan pada September 2021 terhadap 1.200 responden di seluruh Indonesia. Survei dilakukan secara acak dengan margin of error 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Ada penurunan tingkat trust pada KPK, yang biasanya ada di nomor 1 atau 2, sekarang melorot ke peringkat empat, disalip Kepolisian,” kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi dalam webinar, Minggu (26/9/2021).

Menurutnya, hasil survei IPI juga menunjukkan tingkat kepercayaan paling besar yakni pada institusi TNI sebesar 90 persen. Sebanyak 7 persen responden mengaku sedikit percaya pada TNI, dan 3 persen responden tidak menjawab.

Tingkat kepercayaan tertinggi kedua ada pada Presiden. Sebanyak 82 persen responden percaya, 15 persen sedikit percaya, 1 persen tidak percaya, dan 2 persen tidak menjawab.

Adapun posisi ketiga adalah institusi Polri dengan tingkat kepercayaan 71 persen. Sebanyak 24 persen responden mengaku sedikit percaya, 1 persen tidak percaya, dan 3 persen tidak menjawab.

Sementara KPK berada di posisi empat dengan tingkat kepercayaan 65 persen. Sekitar 26 persen responden sedikit percaya, 4 persen responden tidak percaya, dan 5 persennya tidak menjawab.

“KPK turun itu berita baru, meskipun buat masyarakat sipil mungkin ini bukan hal mengagetkan,” jelas Burhanuddin.

Di bawah KPK, ada Kejaksaan dengan 61 persen responden percaya, 25 persen responden sedikit percaya, 5 persen tidak percaya, dan 9 persen tidak menjawab.

Di posisi enam ada MPR dengan tingkat kepercayaan 57 persen, 30 persen sedikit percaya, 5 persen tidak percaya, dan 8 persen memilih tidak menjawab.

Lalu, posisi ketujuh ada DPD, dengan tingkat kepercayaan 52 persen, 34 persen sedikit percaya, 6 persen tidak percaya, dan 8 persen tidak menjawab.

Posisi delapan diduduki DPR dengan 50 persen responden percaya, 36 persen sedikit percaya, 9 persen tidak percaya, dan 6 persen tidak menjawab.

Untuk partai politik berada di posisi terakhir dengan tingkat kepercayaan paling rendah dengan 48 persen responden percaya, 37 persen sedikit percaya, 9 persen tidak percaya, dan 6 persen tidak menjawab.

“Kalau DPR dan Parpol saya tidak heran kalau tingkat kepercayaannya paling rendah karena dari dulu memang tidak pernah naik kelas, trust-nya rendah,” pungkasnya. (*)

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terkini

To Top