Home / Nasional

Senin, 30 Mei 2022 - 19:49 WIB

Dorong Pemulihan Ekonomi, Utamakan Produk Dalam Negeri

NasionalPos.com,Cimahi — Melemahnya ekonomi nasional sebagai dampak Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) tak dapat terelakan. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya pembatasan gerak masyarakat untuk menekan laju penambahan kasus positif COVID-19, mengakibatkan aktivitas perekonomian menjadi terhambat. Sebagai dampaknya, perekonomian mengalami penurunan. Krisis ekonomi harus segera diatasi agar tidak terpuruk lebih dalam lagi menjadi depresi ekonomi.

Menjelang peralihan status pandemi menjadi endemi dimanfaatkan pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu upaya pemulihan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah pusat yakni melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang merupakan upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri dibandingkan produk impor. Program P3DN ini kemudian diterapkan di seluruh Instansi Pemerintahan, termasuk Kota Cimahi.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pemerintah Kota Cimahi melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Cimahi bekerjasama dengan Kejaksaan Negeri Kota Cimahi menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada Proses Pengadaan Barang atau Jasa di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi pada hari Senin (30/5/2022) bertempat di Aula Gedung B Lantai I, Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Baca Juga  Dermaga Sisi Timur Pulau Untung Jawa Dipercantik

Kegiatan yang dilakukan secara offline ini menghadirkan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cimahi Rosalina Sidabariba, SH., MH sebagai narasumber dan dihadiri oleh 75 orang peserta yang terdiri dari seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dan Para Camat di lingkup Pemerintahan Daerah Kota Cimahi serta personil Bagian Pengadaan Barang dan Jasa SETDA Kota Cimahi.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn.) Ngatiyana membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi P3DN. Ia mengungkapkan bahwa penggunaan produk dalam negeri pada pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan upaya untuk menggerakkan pertumbuhan dan pemberdayaan industri yang ada di Indonesia, sesuai dengan amanat Presiden untuk mendorong penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN).

Dengan diadakannya program P3DN diharapkan akan menyerap banyak tenaga kerja, meningkatkan nilai tambah dan daya saing PDN, mendukung dan meningkatkan inovasi juga teknologi PDN, meningkatkan penggunaan PDN melalui pemberian penghargaan bagi pengguna dan produsen dalam negeri, serta mengurangi ketergantungan produk luar negeri melalui pengoptimalan belanja pemerintah.

Baca Juga  Hadir di Tengah Kesulitan Masyarakat, Satgas Yonif 126/KC Obati Warga di Perbatasan

Ngatiyana menjelaskan hal-hal terkait upaya percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi sesuai dengan yang tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 serta teknis pengadaan barang atau jasa pemerintah yang dilakukan dengan menggunakan Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) lembaga kebijakan pengadaan barang atau jasa pemerintah dan mengisi e-kontrak pada Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE).

Ia pun berharap dengan adanya Sosialisasi P3DN ini akan tercapai kesepahaman dalam implementasi P3DN antara pelaku pengadaan di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi dengan aparat penegak hukum di lingkungan Kejaksaan Cimahi sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Cimahi, “Semoga dengan adanya peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Cimahi akan berdampak ekonomis bagi keberlangsungan produk dalam negeri demi kesejahteraan masyarakat khususnya Kota Cimahi tercinta,” pungkasnya.(*)

Share :

Baca Juga

Korban Gempa Palu 2

Nasional

BNPB : Jumlah Korban Meninggal Bencana di Palu dan Sekitarnya Mencapai 2.081 Jiwa
Zainudin amali

Nasional

Untuk Tingkat kan Fungsi Legislasi, DPR RI Butuh Kelengkapan Khusus
vaksin corona

Headline

Update Data Corona (6/12/2020) Jumlah Pasien Positif 575.796 Orang dan Meninggal 17.740 Orang
ccfabadd 93ff 4ea8 aad7 6e27e6eb0b9f

Nasional

Kementan RI Siapkan B100 Sebagai Energi Alternatif
IMG 20190506 WA0012 640x414

Nasional

Dukung Operasi Laut Gabungan, Dislambair Koarmada I Latihan Penyelaman dan Penyelamatan Bawah Air
Menparekraf Bertakziah ke Rumah Dinas Ridwan Kamil

Headline

Menparekraf Bertakziah ke Rumah Dinas Ridwan Kamil
8b836211 16da 4228 8df1 a3a9edcbf453

Nasional

Jadikan Kekuatan Ekonomi Terbesar ke-5 Dunia, ASEAN Eratkan Kerja Sama Strategis dengan Italia
Idrus Marham KPK

Headline

Divonis Lebih Berat, Idrus Marham Siap Kasasi