Home / Headline / Hukum / Top News

Rabu, 25 Agustus 2021 - 20:49 WIB

Akhirnya ‘Si Penista Agama’ Kece Dibekuk di Tempat Persembunyiannya di Bali

Kece

Kece

NasionalPos.com, Jakarta – YouTuber Muhammad Kace akhirnya ditangkap. Dia dibekuk Bareskrim Polri di tempat persembunyiannya di Bali.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan, Muhammad Kace ditangkap pada Selasa malam, sekira pukul 19.30 WITA. Dia disergap di lokasi persembunyiannya di Banjar Untal-untal, Dalung, Kuta Utara, Bali.

“Dia ditangkap di persembunyiannya, dan sekarang sedang dibawa ke Jakarta ke Bareskrim. Kalau tak ada halangan sore ini dia akan tiba di Bareskrim,” kata Rusdi di konferensi pers, di Mabes Polri, Rabu (25/8/2021).

Polisi mengetahui keberadaan M Kece setelah menelusuri unggahannya di sosial media. Selanjutnya, polisi langsung bergerak dan membekuk Kece di Bali.

Baca Juga  Survei Tingkat Kepercayaan Publik, KPK Turun, TNI Teratas dan Presiden kedua

Kini, polisi menyelidiki siapa saja yang membantu Kece selama pelariannya.  “Penangkapan dilakukan di salah satu tempat persembunyiannya. Kami akan terus mendalami siapa saja yang membantunya, ataukah selama ini dia sendiri. Dia sendiri ketika ditangkap,” imbunyanya.

Rusdi menjelaskan berdasar alat bukti, Kace dengan sengaja menyebarkan informasi yang memunculkan permusuhan di masyarakat dan mengandung SARA.

Polisi menjerat Kace dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45a ayat (2) UU ITE atau Pasal 156a KUHP. Ia terancam pidana penjara hingga enam tahun.

Kace tiba di Gedung Bareskrim Polri, sekitar pukul 17.17 WIB. Dia digiring oleh penyidik dari Direktorat Tindak Pidana Siber ke dalam gedung untuk menjalani pemeriksaan.

Baca Juga  Sri Mulyani Ungkap Skenario Perpanjangan PPKM Darurat Hingga 6 Pekan

Diketahui, Kace kerap membagikan kontennya secara daring. Pernyataannya menjadi polemik usai menyinggung Nabi Muhammad SAW.

Contoh materi ceramah Muhammad Kace yang menjadi kontroversi yakni terkait kitab kuning dan Nabi Muhammad SAW. Itu terlihat dari unggahan Muhammad Kace di kanal Youtube-nya dalam judul ‘Kitab Kuning Membingungkan’.

Unggahan itu mendapat kritik dari sejumlah pihak, termasuk Ormas Islam terbesar Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU). Bahkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menilai ceramah yang disampaikan oleh Muhammad Kace berisi ujaran kebencian dan penghinaan terhadap simbol keagamaan. (*)

 

 

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Pemerintah Jamin THR PNS Golongan I Sampai III Aman

Headline

Rusia Kecam Biden Atas Serangan ke Suriah

Headline

Gugus Tugas Didesak Ambil Alih PSPB Jabodetabek

Headline

DPR Minta KPK Usut Pemberian Tas Mewah Kepada Mantan Dirjen PAS

Headline

Australia Berang Gara-gara China Sebar Foto ‘Palsu”

Headline

Dipecat Dari DPRD DKI, Viani Gugat PSI Rp 1 Triliun

Megapolitan

Bazis Jakarta Pusat Tetapkan Target Pendapatan ZIS Tahun 2017

Headline

Kecele, Dubes Palestina Mengira Acara KAMI adalah Perayaan HUT RI