Home / Politik

Senin, 20 Desember 2021 - 19:43 WIB

Anjlok Elektabilitas PDIP Sementara Partai Lain Meningkat

NasionalPos.com, JakartaElektabilitas PDI Perjuangan menurun, sementara Partai Gerindra dan Demokrat secara signifikan mengalami kenaikan. Demikian hasil survei Populi Center yang disampaikan pada Senin (20/12/2021).

Populi Center melakukan survei ini pada 1-9 Desember 2021 dengan melibatkan 1.200 responden. Sampel diambil dengan metode acak sederhana. Survei ini mengandung ambang batas kesalahan kurang lebih 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Peneliti Populi Center Nurul Fatin menerangkan bahwa dalam sebulan, PDIP mengalami penurunan elektabilitas hampir 2 persen. Elektabilitas PDIP turun dari 22,3 persen di November menjadi 20,5 persen saat ini.

Baca Juga  Ini Susunan Tim Pemenangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno

“Data menunjukkan terdapat 6 partai yang mendapat presentase di atas 4 persen, yaitu yang pertama ada PDIP 20,5 persen, Gerindra 13,1 persen, Demokrat 9,6 persen, Golkar 8,3 persen, PKB 8,2 persen, PKS 7 persen,” kata Nurul Fatin saat jumpa pers.

Menurutnya, Gerindra mendapat tambahan elektabilitas sebanyak 1,3 persen dalam sebulan terakhir. Sementara itu, tingkat keterpilihan Partai Demokrat naik 2,1 persen dan menyalip Golkar yang sebelumnya duduk di posisi ketiga.

Elektabilitas Partai Golkar naik 0,6 persen sejak November. PKB mendapat kenaikan elektabilitas 0,8 persen, sedangkan PKS naik 0,2 persen.

Baca Juga  Di Era Firli, KPK Di bawah Polri Sebagai Lembaga Dipercaya Publik

Populi Center juga memprediksi dua partai besar, yaitu PAN dan NasDem tidak lolos ambang batas parlemen. NasDem hanya mendapat elektabilitas 3,9 persen dan PAN hanya di angka 1,7 persen.

“Ada beberapa partai yang memperoleh presentase di bawah 4 persen, yaitu Nasdem, PBB, Hanura, Garuda. Di samping partai tersebut, ada partai yang enggak dapat presentase suara, Partai Ummat, PKPI, dan Berkarya,” katanya. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Menuai Banyak Protes, Pemerintah Akan Tunda Pembahasan RUU HIP

Headline

Diskusi Batal, Panitia Mahasiswa FH UGM Diteror dan Diintimdasi

Politik

PERPPU Pembubaran Ormas Anti Demokrasi

Headline

PKS Minta Jokowi Tidak Ragu Rombak Kabinetnya

Politik

DPR Akan Gunakan Hak Angket Jika Presiden Pertahankan Ahok

Headline

Demokrat Kubu Moeldoko Gugat Yasonna

Headline

Azis Dukung Revisi UU ITE Sumber Masalah

Politik

Kader Partai Hanura Loncat ke Partai Gerindra & Berkarya