Home / Nasional / Uncategorized

Rabu, 15 Mei 2019 - 22:06 WIB

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat di Beberapa Wilayah

JAKARTA, NP – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau adanya potensi hujan lebat dalam tiga hari kedepan (15 – 17 Mei 2019) di sebagian wilayah Indonesia. Demikian Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Taufan Maulana dalam siaran persnya, Rabu (15/5/2019).

Hasil pantauan BMKG menunjukkan adanya sirkulasi siklonik di perairan Barat Bengkulu (925/900mb) dan di Papua Barat (925/600mb) dengan konvergensi yang terbetuk memanjang dari Perairan Barat Sumatera hingga Teluk Thailand . Belokan angin terbentuk di Sumatera, Laut Natuna, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Beberapa wilayah seperti Riau, Bengkulu, Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua terpantau akan mengalami hujan lebat pada hari ini (15/5). Esok harinya (16/5), Riau, Bengkulu, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Papua masih akan mengalami hujan lebat ditambah dua wilayah yaitu Jawa Barat dan Kalimantan Tengah. Sementara untuk lusa (17/5), daerah yang berpotensi adalah Bengkulu, Lampung, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, serta Papua.

Baca Juga  Update Data Corona (7/1/2021) Jumlah Pasien Positif 797.723 Orang dan Meninggal 23.520 Orang

Menurut pantauan BMKG, beberapa wilayah Indonesia lainnya juga berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat/petir pada hari ini (15/5). Daerah tersebut di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Kalimantan Barat, dan Papua Barat. Esoknya (16/5), Aceh, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Banten, Jabodetabek, Kalimantan Barat, Papua Barat masih berpeluang diguyur hujan lebat disertai angin kencang ditambah dua wilayah lain,seperti Kalimantan Selatan dan Maluku.

Baca Juga  Update Data Corona (17/10/2021) Jumlah Pasien Positif 4.234.758 Orang dan Meninggal 142.952 Orang

Kemudian untuk lusa (17/5) daerah yang berpotensi hujan lebat sedikit berkurang menjadi Aceh, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Maluku, dan Papua Barat.

 “BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan,”pungkas Taufan.(*)

 

Share :

Baca Juga

Headline

PP Muhammadiyah Terbitkan Tuntutan Sholat Idul Fitri Dalam Kondisi Pandemi Corona

Headline

Update Data Corona (21/11/2020) Jumlah Pasien Positif 493.308 Orang dan Meninggal 15.774 Orang

Megapolitan

Bantuan Mengalir Dari Pihak Swasta Untuk Para Korban Tsunami Selat Sunda

Headline

Wakasal: Optimalkan Kampung Bahari Nusantara dengan Sinergitas Bersama Pemda dan Instasi Terkait

Nasional

PETANI PENGEDAR NARKOBA DICIDUK POLISI

Headline

Pastikan Kesiapan Kasal Cup Olahraga Perairan, Wakasal Tinjau Fasilitas Lomba

Headline

Update Data Corona (20/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 88.214 Orang dan Meninggal 4.239 Orang

Headline

Surya Paloh Anggap Anies Adik Yang Potensial Pimpin Bangsa