Home / Internasional / Top News

Senin, 29 Januari 2018 - 21:24 WIB

Bom Meledak Sebelum Jokowi Tiba di Afghanistan

Nasionalpos.com, Jakarta – Beberapa jam menjelang kedatangan Presiden Jokowi di Afghanistan pada Senin (29/1/2018), sebuah bom meledak di Ibukota Kabul pada Minggu (28/1/2018).

Demi keselamatan Presiden, Paspampres pun melakukan pengamanan ekstraketat. Hal yang sama dilakukan otoritas terkait di Afghanistan.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno menuturkan, setelah peristiwa ledakan bom itu, Presiden sudah disarankan membatalkan lawatannya ke negara yang dipimpin Asraf Ghani itu. Tapi Presiden memutuskan agar kunjungan  tetap dilakukan.

“Iya, jadi dari pihak Afghanistan sendiri sudah sangat sangat maksimal dengan mekanisme pengamanan,” ungkap Pratikno, di Gedung Kemensesneg, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Sementara Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin melalui siaran persnya menyaakan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, sudah bertolak ke Afghanistan dari Bangladesh. Setelah kemarin melakukan serangkaian acara kenegaraan, termasuk mengunjungi pengungsi etnis Rohingya di Cox’s Bazar.

Baca Juga  Satgas Paparkan Pihaknya Tengah Fokus Penyaluran Bantuan Program Pemulihan Ekonomi

Turut ikut dalam kunjungan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Kemudian, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/KPN Andri Hadi, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Suhartono.

Baca Juga  Memaknai Natal 2020 & Tahun Baru 2021 Di Tengah Pandemi Global

Di Afghanistan, Presiden dan Ibu Negara akan disambut Presiden Ashraf Ghani. Selanjutnya Presiden akan mengikuti serangkaian kegiatan kenegaraan, yaitu Tete-a-Tete, pertemuan bilateral dan memberikan pernyataan pers bersama di Istana Presiden Arg.

Selain itu, Presiden juga akan bertemu dengan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Haram Sarai (Wisma Negara). Setelah itu Presiden akan mengikuti jamuan santap siang bersama di Istana Presiden Arg.

Sore harinya, Jokowi akan mengunjungi Istana Darul Aman, yang merupakan agenda penutup kunjungan di negara itu. Dari Bandara Internasional Hamid Karzai, Afghanistan, Jokowi beserta rombongan akan kembali ke tanah air. ( )

Share :

Baca Juga

Headline

Update Corona (15/5/2020) Jumlah Pasien Positif 16.496 Orang Dan Meninggal Menjadi 1.076 Orang

Headline

Hadapi China, Taiwan Kerahkan Jet Tempur

Headline

Mantan Pimpinan KPK Kritik Keras Perppu Nomor 1 Dan Stafsus Presiden

Top News

Alexandria Islamic School, Cetak Siswa Berprilaku Terpuji

Ekonomi

Mendag Agus : PSBB Tak Boleh Halangi Jalur Distribusi

Ekonomi

Sebanyak 9.750 Orang Tinggalkan Jakarta Gunakan Kereta

Headline

Dankormar Secara Resmi Buka Rakornis Intelijen dan Potensi Maritim Korps Marinir Tahun 2021

Politik

Partai Demokrat Pertanyakan Sumber Rekaman Telepon Milik Ahok