Home / Headline / Nasional

Kamis, 11 November 2021 - 20:27 WIB

BPK RI Laksanakan Pemeriksaan Keamanan dan Pertahanan Siber Dispenau

Jakarta,NasionalPos.com – Tim Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) yang dipimpin oleh Tato Subehan, S.E.Ak., M. Ak, CA melaksanakan pemeriksaan sistem keamanan dan pertahanan Siber Dispenau. Pelaksanaan pemeriksaan ini, diawali dengan entry brief di ruang rapat Dispenau yang dipimpin oleh Kadispenau, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos, Kamis (11/11/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kadispenau menjelaskan secara singkat, tugas Dispenau selaku penyelenggara bidang penerangan tingkat Mabesau.

Terkait materi pemeriksaan yang dilaksanakan oleh BPK RI, Marsma Indan menjelaskan tentang strategi Dispenau, dalam bidang keamanan dan pertahanan Siber, khususnya yang berkaitan dengan informasi yang dikelola oleh dispenau.

Sementara Ketua Tim BPK RI menyampaikan, obyek pemeriksaan yang dilakukan oleh timnya meliputi regulasi kebijakan, kelembagaan atau organisasi dan aktifitas pengamanan siber yang dilaksanakan oleh Dispenau.

Baca Juga  Jejak Konflik Israel-Arab Hingga Berujung Aksi Normalisasi

Disampaikannya, tim BPK RI yang dipimpinnya melaksanakan pemeriksaan kinerja keamanan dan pertahanan siber dilingkungan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia.

Mengingat Dispenau bukan Satker utama pemeriksaan, lanjutnya, pemeriksaan ini berkaitan dengan profile singkat dan peran Dispenau dalam Siber, serta hubungan kerja Dispenau dengan Satuan Siber yang ada di TNI AU.

“Pemeriksaan yang kami lakukan, lebih difokuskan terhadap tupoksi Dispenau terkait pengamanan informasi dan hubungan kerja dengan Satsiber. Adapun yang kami butuhkan adalah aspek-aspek kualitatif yang mendukung kondisi kinerja keamanan dan pertahanan Siber,” ujar Katim BPK RI.

Melalui pemeriksaan siber ini, Katim BPK RI berharap dapat memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kreatifitas kinerja keamanan dan pertahanan siber di Indonesia.

Baca Juga  Prabowo Diminta Untuk Buktikan Pembatalan Mark Up Proyek Kemenhan

Setelah entry brief, tim BPK RI melaksanakan pendalaman materi yang menjadi obyek pemeriksaan, diantaranya kinerja Subdispenum, Subdisinfonet dan Subdispenpas Dispenau.

Saat pendalaman, tim BPK RI mengumpulkan data-data dari obyek yang diperiksa, terutama dalam bidang publikasi pemberitaan, baik melalui media massa, media online maupun media sosial internal TNI AU.

Selain itu, tim pemeriksa juga mendalami pelaksanaan analisa berita dan pengendalian opini publik yang diselenggarakan oleh Dispenau, termasuk pengelolaan media sosial TNI AU, seperti twitter, facebook, instragram, dan youtube

Hadir pada kegiatan ini, Sesdispenau, Kolonel Sus Firmansjah, para Kasubdis dan sejumlah pejabat Dispenau lainnya. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Luhut Yakin Sepekan Kedepan Kasus Covid-19 Membaik

Headline

Komisi III DPR Minta Polri Transparan Tangani Perkara Dokter Lois

Headline

Menyatunya Islam dan NKRI

Headline

Update Corona (17/6/2020) Jumlah Pasien Positif 41.431 Orang dan Meninggal Menjadi 2.276 Orang

Nasional

Ini Deretan Penguasa Hiburan Malam Ibukota

Headline

KPK Geledah Kemendag dan Kementan Terkait Suap Impor Bawang Putih

Headline

Manuver China Bikin Indonesia Kewalahan di Laut China Selatan

Headline

Tinggalkan Afghanistan, AS Hancurkan Alutsista Yang Tersisa