Home / Top News

Selasa, 16 Januari 2018 - 17:49 WIB

Bupati Kukar Tersangka Kasus Pencucian Uang

Nasionalpos.com, Jakarta – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati nonaktif Kutai Kartanegara Rita Widyasari sebagai tersangka kasus pencucian uang. Rita ditetapkan sebagai tersangka bersama Komisaris PT Media Bangun Bersama, Khairudin yang diduga menyamarkan gratifikasi senilai Rp 436 miliar.

“Dua tersangka ini RIW dan KHR terkait gratifikasi. Bukti yang ditemukan KPK terkait dugaan pencucian uang dalam perbuatan menempatkan, mentransfer, mengalihkan, mengubah bentuk, menukar harta kekayaan yang patut diduga hasil korupsi,” jelas Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif dalam jumpa pers di KPK Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Baca Juga  Ekonomi 2018 Hanya Naik 10 Persen

Syarif menjelaskan, kedua tersangka diduga telah menerima fee atas proyek, fee atas perizinan dan fee pengadaan barang dan jasa yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kukar.

“Adapun, jumlah gratifikasi sebesar Rp 436 miliar,” kata Syarif.

Adapun uang hasil gratifikasi diduga dibelanjakan berupa pembelian kendaraan yang menggunakan nama orang lain. Selain itu, juga membeli tanah dan menyimpan uang atas nama orang lain.

“Tujuannya untuk menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul sumber yang patut diduga hasil korupsi yang dilakukan RIW dan KHR selama periode RIW menjadi Bupati Kukar,” jelas Syarif.

Baca Juga  Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (26/8/2020)

Saat ini, penyidik telah menyita beberapa aset, yakni tiga unit mobil Toyota Vellfire, Ford Everest dan Land Cruiser. Selain itu, penyidik juga menyita dua apatermen di Balikpapan, serta dokumen terkait gratifikasi dan perizinan perkebunan kelapa sawit.

Baik Rita maupun Khairudin disangka melanggar Pasal 3 dan atau Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 65 ayat 1 KUHP.  ( )

Share :

Baca Juga

Headline

Airlangga : PPKM Jawa – Bali Diperpanjang Hingga 8 Februari 2021

Ekonomi

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II – 2018 Tak Capai Target

Nasional

Wasekjen FKPPI Nilai Bamsoet Sosok Fenomenal

Headline

Staf Ahli Mensos Ungkap Juliari Titip Amplpo Untuk Ketua DPC PDIP Kendal

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Jumat (7/8/2020)

Top News

Bupati Lampung Tengah Dibekuk KPK

Ekonomi

Utang BUMN Jatuh Tempo Tahun Ini, Garuda Harus Bayar 500 Juta Dollar AS

Headline

Menkes : Penerima Vaksin Awal Adalah Para Nakes