Home / Headline / Nasional / Politik / Top News

Jumat, 28 Februari 2020 - 22:15 WIB

Demokrat Desak Pemerintah Buktikan Indonesia Bebas Virus Corona

Nasionalpos.com, Jakarta – Fraksi Partai Demokrat DPR RI mendesak pemerintah agar membuktikan kepada internasional bahwa Indonesia bebas virus corona. Hal itu menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang melarang Jamaah Indonesia umrah untuk sementara dalam upaya mencegah paparan virus corona.

“Fraksi Partai Demokrat DPR RI meminta Menteri Luar Negeri RI untuk segera memfasilitasi Menkes RI agar segera bertemu dengan seluruh duta besar negara sahabat untuk menjelaskan protokol yang sudah dilakukan Indonesia dalam penanganan kasus virus corona,” kata Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI Teuku Riefky Harsya dalam keterangan tertulis, Jumat (28/2/2929).

Baca Juga  Sejumlah Kejati dan Kejari Telah Menggelar Persidangan Online

Menurutnya, pemerintah perlu lebih banyak bicara di forum-forum internasional untuk menyampaikan klarifikasi terkait corona.

Langkah tersebut wajib dilakukan pemerintah Indonesia. Agar kekhawatiran negara lain terhadap kemampuan Indonesia menghadapi corona bisa ditekan.

Selain itu,  langkah itu bisa mencegah penghentian visa umrah oleh Kerajaan Arab Saudi. Dia berharap tak ada lagi negara yang melarang warga negara Indonesia masuk ke wilayah mereka.

Baca Juga  Institut Hasyim Muzadi Minta SKB Tiga Menteri Dicabut

“Untuk menghindari dikeluarkannya kebijakan pemerintah negara lain yang dapat merugikan Indonesia dan menganggu kestabilan ekonomi, sosial dan politik Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menghentikan kedatangan warga negara asing termasuk untuk mereka yang hendak melaksanakan ibadah umrah maupun berwisata. Kebijakan itu untuk mengantisipasi persebaran virus corona.

Adapun warga asing yang dilarang masuk adalah mereka yang berasal dari Cina, Iran, Italia, Korea, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afganistan, Irak, Filipina, Singapura, India, Libanon, Syria, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietman. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Corona (15/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 80.092 Orang dan Meninggal 3.797 Orang

Megapolitan

Pemda DKI Siap Resmikan Enam Rusun Akhir Agustus

Headline

Golkar Usung Airlangga, PPP Dorong Suharso di Pilpres 2024

Nasional

Raja Salman Patut Jadi Contoh Pemimpin di Negeri Ini (Kisah (Alm) Baharuddin Lopa)

Headline

Diduga ‘Orang’ Istana Mau Rebut Demokrat, AHY Kirim Surat ke Jokowi

Ekonomi

Pertamina Mengaku Kinerja Keuangan Sepanjang 2019 Buruk

Headline

CPJ Laporkan Meksiko Negara Paling Bahaya Untuk Jurnalis

Nasional

Menlu Jelaskan Tujuan Presiden Kunjungi Silicon Valley