Home / Nasional

Senin, 27 Desember 2021 - 17:30 WIB

Di Era Firli, KPK Di bawah Polri Sebagai Lembaga Dipercaya Publik

NasionalPos.com, Jakarta – Polri menjadi lembaga yang lebih dipercaya publik dibanding Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di bawah kepemimpinan Firli Bahuri. Demikian hasil survei Politica Research and Consulting (PRC) dan Parameter Politik Indonesia (PPI).

Survei PRC dan PPI, menggunakan metode multi stage random sampling dengan 1.600 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei dilakukan sejak 12 November hingga 4 Desember lalu, dengan margin of error 2,5 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Posisi Polri berada di peringkat kedua dengan tingkat kepercayaan mencapai 67,8 persen, di bawah TNI sebanyak 75,4 persen. Sedangkan di posisi ketiga, KPK memiliki tingkat kepercayaan sebanyak 60,4 persen.

Baca Juga  FMB ITL Trisakti Partisipasi Dalam Program Penelitian MBKM

“Yang berbeda adalah polisi yang mendahului peringkat dibanding KPK sebagaimana kita ketahui sebelumnya KPK selalu ada di peringkat kedua, atau lebih tinggi dari polisi,” kata Direkrut Eksekutif PRC, Rio Prayogo, Senin (27/12/2021).

Selanjutnya di posisi keempat ada Mahkamah Agung (MA) dengan tingkat kepercayaan atau kepuasan mencapai 51,9 persen. Disusul Mahkamah Konstitusi (MK), Kejaksaan Agung, DPD, dan MPR.

DPR berada di posisi paling buncit sebagai lembaga dengan tingkat kepuasan atau kepercayaan publik paling rendah. Tingkat kepuasan publik pada DPR hanya mencapai 44,1 persen.

Baca Juga  Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Senin (25/5/2020)

Selain itu, PRC dan PPI juga melakukan survei untuk mengukur kepuasan publik pada kinerja pemerintah selama setahun terakhir. Hasilnya, 51,8 persen publik puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Jokowi-Ma’ruf. Sedangkan, sekitar 37 persen sisanya menyatakan tidak puas.

Masyarakat lewat hasil survei terutama mengungkap keluhan mereka pada harga bahan pokok yang semakin mahal, sulit mencari kerja, dan infrastruktur jalan yang rusak. (*)

 

 

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (17/6/2020)

Headline

Ini Visi Misi Bamsoet Sebagai Calon Ketum Golkar

Headline

Update Data Corona (9/7/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 70.736 Orang dan Meninggal 3.417 Orang

Nasional

Longsor Luwu Timur tanggap darurat tujuh hari

Nasional

Prabowo dan Jokowi Akhirnya Cipika Cipiki di Lebak Bulus

Nasional

Para Tokoh Kalimantan Gelar Diskusi Percepatan Pembangunan di Borneo

Headline

Tim Gabungan TNI Temukan Sinyal Serta Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SI 182

Nasional

Cegah Bencana kebakaran,Jakarta perlu Perda Audit Bangunan