Home / Megapolitan / Top News

Selasa, 12 September 2017 - 18:21 WIB

DPRD dari Partai Demokrat : Buat Perda Rumah Sakit untuk Rakyat Jakarta

Jakarta,NasionalPos — Kasus meninggalnya bayi Debora, setelah orangtua bayi itu berupaya agar anaknya dirawat di RS Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat, menjadi bukti terkini mengenai belum berjalannya aturan baku di bidang pelayanan rumah sakit tersebut,” tukas Taufiqurrahman Rusdi, SH kepada awak media di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/9/2017).

Menurutnya, DPRD dan tentunya seluruh warga Jakarta sangat tersentuh dan ikut berduka atas derita yang dialami Debora dan kedua orangtua anak itu. Kisah sedih tentang meninggalnya pasien yang tidak tertangani oleh rumah sakit akibat ketiadaan biaya atau jaminan kesehatan memang bukan kali ini saja terjadi.

Baca Juga  Dipastikan Kalah dari Biden, Trump Asingkan Diri

Karena sesuatu dan lain hal, tidak mustahil ada ‘Debora-Debora’ lain yang tidak terungkap ke permukaan, oleh karena itu perlu langkah strategis untuk mengatasi permasalahan ini.

“Jakarta Perlu adanya Peraturan Daerah yang mengatur tentang management Rumah Sakit berbasis pada nilai nilai kemanusiaan dan keadilan sosial, yakni memprioritaskan pelayanan kesehatan bagi warga prasejahtera,”usulnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Perda Rumah Sakit nantinya sebagai payung hukum untuk melawan kapitalisasi penyelenggaraan pelayanan kesehatan oleh Rumah Sakit,serta juga mengendalikan kompetisi tidak sehat antar Rumah Sakit, terutama Rumah Sakit swasta.

Baca Juga  Kabarnya, Besok Dudung Dilantik Jadi Kasad

“Jadi di Perda inilah semua Rumah Sakit wajib menerima pasien yang punya Jaminan Kesehatan masyarakat,BPJS, KJS atau bahkan kartu miskin, tentunya ada sanksi hukum bagi Rumah Sakit yg menolak pasien tersebut,”tegas Taufiqurrahman Rusdi,SH yg juga Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta.

Ia juga menambahkan bahwa untuk terus dapat melayani masyarakat, rumah sakit tidak bisa menjadi institusi yang merugi. Akan tetapi, pada saat yang sama, rumah sakit semestinya dapat menjalankan kewajiban sosial dalam melayani masyarakat, terlebih di saat kondisi gawat darurat.[]

Share :

Baca Juga

Politik

Wapres Ragukan Informasi Kapolri

Headline

Update Data Corona (6/3/2021) Jumlah Pasien Positif 1.373.836 Orang dan Meninggal 37.154 Orang

Headline

Polisi Sudah Tetapkan Empat Tersangka Penganiaya Wartawan Aceh

Headline

Ini Alasan KPK Sulit Menangkap Buronan

Headline

Joe Biden Mengatakan Jika Tak Mau AS Terpuruk Jangan Pilih Trump

Headline

PKB Desak Polisi Selidiki Munculnya Logo PDIP Dalam Program TV Pendidikan

Headline

Penduduk Indonesia Yang Sudah Divaksin Sebanyak 36,36 Juta Orang

Top News

Ketum PPP Dicecar KPK soal Uang Rp1,4 Miliar di Rumah Wabendum PPP