Home / Hukum

Senin, 20 Desember 2021 - 16:52 WIB

Eggy dan Bahar Smith Dipolisikan Karena Singgung KSAD

Eggi Sudjana

Eggi Sudjana

NasionalPos.com, Jakarta – Husin Shihab melaporkan Eggi Sudjana dan Bahar bin Smith ke Polda Metro Jaya terkait dugaan ujaran kebencian dan penghinaan terhadap penguasa. Laporan itu merupakan buntut dari pernyataan keduanya yang menyinggung KSAD Jenderal Dudung Abdurachman

Husin mengatakan pernyataan keduanya itu disampaikan dalam sebuah video yang diunggah di akun Youtube berjudul ‘SEMAKIN P4NAS…EGGI SUDJANA: JENDRAL DUDUNG HARUS DI PID4NA & HABIB BAHAR TUNTASKAN KEB0D0HAN INI’.

“Bahwa Eggi Sujana dalam Podcast akun YouTube Revolusi Akhlak berupaya memelintir bahasa Pak Dudung yang menyebut Tuhan bukan orang Arab seolah-olah Pak Dudung menyetarakan Allah SWT dengan manusia,” tutur Husin kepada wartawan, Senin (20/12/2021).

Masih dalam video tersebut, lanjut Husin, Bahar Smith juga dinilai memelintir ucapan Dudung yang dianggap seolah-olah menyamankan Tuhan dengan manusia.

Baca Juga  Jokowi Buka Muktamar NU di Lampung

“Bahwa Eggi Sujana dan Bahar Smith telah dengan sengaja melakukan framing dan memelintir kalimat pak Dudung yang bilang Tuhan kita bukan orang Arab dengan mengatakan bahwa Pak Dudung telah menyamakan Tuhan dengan manusia,” kata Husin.

“Sementara Pak Dudung tidak pernah menyamakan Allah SWT dengan manusia, bahkan Pak Dudung tidak pernah bilang bahwa dirinya membenci Arab atau tidak mau berdoa dengan Bahasa Arab, di situ delik pidananya, mereka berdua telah berbohong di hadapan publik yang mana hal ini menyesatkan,” ujar Husin.

Husin menganggap pernyataan Eggi dan Bahar itu telah berhasil menimbulkan rasa kebencian. Apalagi, dalam video itu sudah banyak komentar yang menyatakan membenci Dudung selaku KSAD.

“Mereka sudah berhasil menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan antar individu dan atau kelompok berdasarkan SARA,” ucap Husin.

Baca Juga  Komisioner KPK, Lili Pinatuli Siregar Dilaporkan ke Polisi

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombesl E Zulpan membenarkan laporan tersebut  Laporan terhadap keduanya terdaftar dengan nomor LP/B/6146/XII/2021 / SPKT POLDA METRO JAYA, Tanggal : 07 Desember 2021.

Dalam LP tersebut, Eggi Sudjana dan Bahar Smith dilaporkan terkait tindak pidana menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian dan atau permusuhan individu dan atau kelompok berdasarkan SARA dan atau penghinaan terhadap penguasa sebagaimana diatur Pasal 28 ayat 22 Jo Pasal 45 ayat 2 dan atau Pasal 32 ayat 1 Jo Pasal 48 ayat 1 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan atau Pasal 207 KUHP. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Polri Siapkan Langkah Antisipasi Penjarahan dan Kerusuhan Saat Pemberlakuan PSBB Corona

Headline

Polisi Belum Pegang Bukti Dugaan Anggota DPR Cabuli Anak

Headline

Bareskrim Segera Periksa Stafsus Wapres Terkait Dugaan Pemerasan

Headline

Usai Kritik Jokowi, Ketua Greenpeace Indonesia Dipolisikan

Headline

KY Janji Awasi Praperdailan Anita Kolopaking Pasca Viral Foto Bareng Ketua MA

Headline

Haris Azhar Desak KPK Jerat Nurhadi Pasal TPPU

Headline

MA Kabulkan kasasi Idrus Marham, Hukumannya Dikurangi Jadi Dua Tahun

Hukum

Honda pamerkan motor yang bisa berkendara sendiri