Home / Ekonomi

Senin, 7 Agustus 2017 - 19:29 WIB

Enam Bulan Jadi Presiden, Trump Ciptakan 1 Juta Lapangan Kerja

New York, NasionalPos – Perekonomian AS menambah 209.000 Lapangan Kerja baru pada bulan Juli 2017. Angka tersebut dipandang kuat dan melampaui perkiraan para ekonom.

Mengutip CNN Money, Senin (7/8/2017), angka pengangguran di AS juga turun ke 4,3 persen atau mencapai ke titik terendah dalam 16 tahun. Pasca-resesi Besar tahun 2009 silam, angka pengangguran AS mencapai 10 persen.

“Ekonomi berjalan dengan cukup baik,” ujar Cathy Barrera, kepala penasihat ekonomi di situs lowongan pekerjaan ZipRecruiter.

AS telah menambah 1,07 juta lapangan pekerjaan baru selama enam bulan kepemimpinan Presiden Donald Trump . Tentu saja, Trump tidak sepenuhnya sosok di balik serapan tenaga kerja yang solid tersebut.

Sektor restoran dan bar menambah 53.000 tenaga kerja baru, sementara sektor layanan kesehatan menambah 39.000 tenaga kerja baru. Perusahaan-perusahaan manufaktur tercatat menambah 16.000 tenaga kerja baru.

Baca Juga  Kapal ro-ro Jakarta-Surabaya beroperasi April 2017

Banyak ekonom berpendapat bahwa AS mendekati kondisi serapan tenaga kerja penuh. Artinya, ke depan angka pengangguran tidak akan turun secara signifikan. Pasar tenaga kerja terus menjadi salah satu kekuatan utama ekonomi AS.

Baca Juga  Demi Bertahan Hidup, Banyak Toko Offline Banting Harga

Juli 2017 adalah bulan ke-82 secara berturut-turut pertumbuhan serapan tenaga kerja. Namun, pertumbuhan upah masih cenderung melambat, yakni hanya 2,5 persen pada bulan Juli 2017 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bank sentral AS Federal Reserve memperkirakan pertumbuhan upah dapat mencapai 3,5 persen.

“Pertanyaan masih timbul terkait apakah kita akan melihat pertumbuhan upah,” ujar Chris Gaffney, presiden Everbank World Markets.

 

sumber : Kompas.com

Share :

Baca Juga

Ekonomi

IHSG Lemah Setelah Pengumuman Dua WNI Terjangkit Virus Corona

Ekonomi

Telur Ayam dan Daging Ayam Penyumbang Inflasi

Ekonomi

Pemerintah Cairkan Anggaran Bansos Program Keluarga Harapan Sebesar Rp16,4 Triliun

Ekonomi

Indonesia-Jepang Percepat Pembangunan Tol Trans Sumatera

Ekonomi

Pasca Larangan Mudik, Jalan Tol Layang Jakarta – Cikampek Kembali Dibuka

Ekonomi

Dana Nasabah BRI Korban Skimming Akan Diganti

Ekonomi

Anak Buah Prabowo kritik Projo Minta Jatah Lebih BUMN

Ekonomi

Kementan Prioritaskan Program Pengembangan SDM