Home / Headline / Internasional / Top News

Minggu, 28 Februari 2021 - 21:51 WIB

Enam Tewas Sejak Aksi Demo Tolak Kudeta Militer Myanmar

 

NasionalPos.com, Jakarta – Jumlah korban tewas dalam demonstrasi menolak kudeta oleh militer di Myanmar pada hari Minggu (28/2/2021) bertambah menjadi enam orang. Para demonstran tewas setelah bentrok dengan aparat keamanan Myanmar.

Petugas penyelamat, menurut laporan AFP, mengatakan bahwa tiga pria telah ditembak mati di kota Dawei selatan, sementara dua remaja lainnya tewas di kota Bago.

“Sedangkan orang keenam tewas di Yangon,” kata seorang anggota parlemen dari pemerintah sipil yang digulingkan Myanmar dalam sebuah unggahan di Facebook.

Baca Juga  DPRD DKI Akan Mengawasi, Renovasi Gedung UP-PKB

Gelombang unjuk rasa besar-besaran terjadi sejak 1 Februari 2021. Aksi ini diikuti kampanye pembangkangan sipil sehingga mendorong pegawai negeri mengundurkan diri.

Menurut Assistance Association Political Prisoners (AAPP) lebih dari 850 orang ditangkap atau dijatuhi hukuman. Namun tindakan keras di akhir pekan ini mampu meningkatkan jumlah korban penangkapan secara drastis. Surat kabar negara melaporkan 479 penangkapan terjadi pada Sabtu (27/2/2021) saja.

Di sisi lain, Suu Kyi tidak terlihat di depan umum. Ia ditahan selama penggerebekan dini hari di ibu kota Paypyidaw saat kudeta diluncurkan.

Baca Juga  MUI Menghargai Pemerintah Menunda Pembahsan RUU HIP

Ia bakal menghadapi persidangan pada Senin (1/3) dengan tuduhan tidak jelas atas kepemilikan walkie-talkie yang tidak terdaftar juga pelanggaran aturan pembatasan pada pertemuan publik selama pandemi. Namun sang pengacara, Khin Maung Zaw, menuturkan dirinya masih belum bisa menemui Suu Kyi.

“Sebagai pengacara saya menaruh kepercayaan saya di pengadilan dan pengadilan yang adil. Tapi dalam periode waktu ini apapun bisa terjadi,” ujarnya. (CNN indonesai)

Share :

Baca Juga

cb360b6a 6c62 4095 9430 7830aa39f1cf 1

Megapolitan

Anies Hibahkan Rp1,4Milyar Untuk Kontingen Pesparani Provinsi DKI Jakarta
TNI

Headline

Panglima TNI Mutasi 136 PATI
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo

Headline

AS Dukung Israel Caplok Tepi Barat
Ahok dan istri

Top News

Ahok Jalani Sidang Perceraian di PN Jakut Besok
images

Politik

Koarmada I Siap Amankan & Sukseskan Pemilu Serentak 2019
PSBB Jakarta

Headline

Anies Sebut Belum Akan Stop PSBB Transisi
peta corona

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Minggu (27/9/2020)
aksi di gedung putih

Headline

Pengawal Trump Usir Wartawan Gedung Putih