Home / Nasional

Senin, 27 Desember 2021 - 23:11 WIB

FMB ITL Trisakti Partisipasi Dalam Program Penelitian MBKM

NasionalPos.com, Jakarta – Fakultas Manajemen dan Bisnis (FMB) Institut Transportasi dan Logistik Trisakti (ITL Trisakti) berpartisipasi dalam hibah bantuan pendanaan program penelitian kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan pengabdian masyarakat berbasis hasil penelitian dan Purwarupa Perguruan Tinggi Swasta Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset & Teknologi Tahun Anggaran 2021.

Program MBKM dari pemerintah telah dilakasanakn di kampus ITL Trisakti fakultas Manajemen dan Bisnis dengan melibatkan Mahasiswa, Dosen, dan Tenaga Pendidik. Dan berkontribusi dalam satu penelitian yang berjudul “Dampak Penyelenggaraan Proses Pembelajaran Kolaboratif Merdeka Belajar Bagi Mahasiswa Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti”. Dengan Tim peneliti yang terdiri dari ketua tim yaitu Dr. Marthaleina R. S, S.Kom, MM serta anggota Tim peneliti terdiri dari Dr Yuliantini CH, AMTrU, MM ,Yulianti Keke SE,MSi, Euis Saribanon, SE, MM, Mustika Sari, SE, MMTR, Indriyati, SE.MM, Dr. Ir. Edhie Budi Setiawan, MM dan Basri Fariza, S.E., MSc.

Baca Juga  Klaim Tak Mau Dipolitisasi, Husin Cabut Laporan Polisi Terhadap Greenpeace Indonesia

Euis Saribanon menjelaskan, penelitian MBKM bertujuan untuk mengetahui dampak proses pembelajaran kolaboratif bagi mahasiswa yang mampu beradaptasi dan bertoleransi dengan memanfaatkan sarana dan prasarana teknologi informasi dan komunikasi dalam pelaksanaan program MBKM. Mengetahui dampak kualitas lulusan, kualitas kurikulum, kualitas Dosen atau Pengajar. Diharapkan capaian kualitas luluasn memiliki kompetensi, mampu memecahkan masalah, kritis, kreatif, bekerjasama, soft skill, dan beradaptasi dengan lingkungan baru.

Adapun nentuk kegiatan program MBKM yang telah dilaksanakan oleh ITL Trisakti, lanjut Euis,  ada 7 Bentuk Kegiatan Pembelajaran (BKP) dari Indikator Kinerja Utama 8 IKU, yaitu: Pertukaran pelajar; Magang/praktik kerja;  Asistensi mengajar di Satuan Pendidikan; Penelitian/riset; Kegiatan wirausaha; Proyek kemanusiaan; dan Studi/proyek Independen; Membangun desa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT). Setiap program studi diperbolehkan memilih bentuk kegiatan pembelajaran (BKP) yang sesuai dengan profil lulusan atau capaian pembelajaran lulusan dan kesiapan program studi dalam melaksanakan program MBKM untuk ditawarkan ke mahasiswa.

Baca Juga  Update Corona (28/5/2020) Jumlah Pasien Positif 24.538 Orang Dan Meninggal Menjadi 1.496 Orang

Ditambahkan Euis, kegiatan seminar hasil telah diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) ITL Trisakti pada tanggal 24 Desember 2021 dan pelaksanaanya melalui luring di Auditorium ITL Trisakti dan daring melalui aplikasi zoom meeting dengan tim Reviewer yang terdiri dari 3 orang Guru Besar yaitu Prof. Rully Indrawan, Prof. Edi Abdurahman dan Prof. MH. Thamrin.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset & Teknologi, atas diselenggarakannya program MBKM tahun anggaran 2021, semoga kegiatan ini dapat berlanjut, di tahun mendatang agar dapat tercipta standard lulusan mahasiswa yang lebih baik dan dapat berkontribusi terhadap pembangunan di Indonesia,” pungkasnya. (*)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Corona (5/1/2021) Jumlah Pasien Positif 779.548 Orang dan Meninggal 23.109 Orang

Headline

DPR Imbau Masyarakat Di Rumah Saja Waspadai Varian Baru Covid-19

Headline

Tanpa Gejala, Walikota Palangka Raya Positif Covid-19

Nasional

Australia Larang Warganya Naik Lion Air, Menhub Minta kejelasan

Headline

Muhammadiyah Imbau Masyarakat Tak Mudik Lebaran Untuk Cegah Pandemi Virus Corona

Headline

Mendagri Keluarkan Instruksi Untuk Kepala Daerah Tentang PSBB Jawa – Bali

Nasional

19 April libur,Pilkada DKI Putaran II

Headline

Update Data Corona (27/7/2021) Jumlah Pasien Positif 3.239.936 Orang dan Meninggal 86.835 Orang