Home / Headline / Top News

Senin, 30 Maret 2020 - 22:39 WIB

Gubernur Jabar Sebut 300 Orang Terindikasi Positif Corona di Wilayahnya

Nasionalpos.com, Bandung – Sekitar 300 orang terindikasi positif Corona di Jawa Barat. Hal itu diketahui setelah dilakukan tes masif menggunakan rapid test.

“Ada 300-an yang positif itu, akan di tes kedua menggunakan PCR atau swab untuk memastikan ini bukan false positif, yaitu positif tapi ternyata bukan. Jadi belum bisa kami jadikan sebagai laporan ke pemerintah pusat,” kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam konferensi pers di Gedung Negara Pakuan Bandung, Senin (30/3/2020).

Meski begitu, Ridwan Kamil belum bisa merinci sebaran orang-orang yang positif ini. Tapi dari hasil tes positif terbanyak di Kota Sukabumi. “Di Kota Sukabumi terjadi hasil tes yang paling besar dari seluruh kota-kabupaten di Jawa Barat. Bukan di Bekasi, bukan di Depok, tapi di Kota Sukabumi,” terangnya.

Baca Juga  Demokrat dan PKS Resmi Usul Pansus Jiwasraya

Diapun mengaku hingga kini masih meneliti pemicu lonjakan tes cepat dengan hasil positif Corona di Kota Sukabumi. “Lonjakan datanya dari sebuah wilayah, sedang kami teliti kenapa terjadi lonjakan yang sangat besar,” ujarnya.

Baca Juga  KPK Mengendus Dugaan Keterlibatan Menag Dalam Kasus Romi

Menurutnya, tes masif di Jawa Barat masih belum tuntas. Tes masif dilakukan dengan menggunakan alat rapid test. Ada 22 ribu alat tes cepat yang diperoleh dari pemerintah pusat dibagikan ke seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat.

Sementara itu, penanggung-jawab Laboratorium Kesehatan Derah (Labkesda) Provinsi Jawa Barat, Ryan B Ristandi menyatakan pihaknya tengah memeriksa 300 sampel swab dengan tes PCR. Setiap pemeriksaan PCR sampel membutuhkan waktu minimal 5 jam.

“Idealnya hasil sudah keluar lima jam. Tapi sekarang sudah ada 300-an sampel yang mengantre. Jadi kamu harus memprioritaskan sampel mana yang harus duluan keluar hasilnya,” jelasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Memaknai Natal 2020 & Tahun Baru 2021 Di Tengah Pandemi Global

Ekonomi

Menkeu : Realisasi Subsidi Bunga Pelaku UMKM Masih Kecil

Headline

Rusia Tuding Keterlibatan Negara Asing Dalam Pemilu Lewat Serangan Cyber

Headline

Mahfud Tegaskan Larangan Mudik Berlaku Seluruh Indonesia

Headline

Eksperimen China Kotrol Langit dan Cuaca

Headline

Zainal Arifin Sarankan KPK Ambil Alih Kasus Jaksa Pinangki

Headline

Rijal Kobar Sebut Ahok Lelaki “Penghibur”

Ekonomi

Ini Bocoran Rencana Perombakan Dana Pensiun