Home / Internasional / Top News

Rabu, 17 Agustus 2016 - 14:42 WIB

HUT RI, Bendera Merah Putih Berkibar di Gunung Tertinggi di Eropa

RUSIA, NASIONALPOS  – Tak hanya di Indonesia, bendera Merah Putih juga berkibar di luar negeri tepatnya di Gunung Elbrus, Rusia. Kelompok pendaki gunung [email protected] mengibarkan bendera Merah Putih di Gunung Elbrus, Rusia di Pos Barrel Hut yang berketinggian sekitar 3.800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Pengibaran bendera merah putih di Gunung Elbrus, Rusia oleh tim pendaki Fit@Fifty pada Rabu (17/8/2016) pukul 06.00 waktu setempat atau pukul 10.00 WIB. Gunung Elbrus adalah gunung tertinggi di Benua Eropa.

Pengibaran bendera merah putih di Gunung Elbrus, Rusia oleh tim pendaki [email protected] pada Rabu (17/8/2016) pukul 06.00 waktu setempat atau pukul 10.00 WIB. Gunung Elbrus adalah gunung tertinggi di Benua Eropa.

Prosesi pengibaran dilakukan pada pukul 06.00 waktu setempat atau 10.00 WIB. Salah satu anggota pendakian Gunung Elbrus dari Kelompok [email protected], Agung Sutiastoro mengatakan, keadaan di Gunung Elbrus pada saat upacara pengibaran bendera Merah Putih berangin dan bersuhu rendah.

“Hari ini tim sudah berangkat ke ketinggian 4.000-an tapi cuaca gak bagus. Akhirnya balik ke Barrel Hut. Suhu -5 derajat celcius,” kata Agung kepada KompasTravel dari Gunung Elbrus, Rusia, Rabu (17/8/2016) sekitar pukul 08.00 waktu setempat.

Baca Juga  TOILET UMUM BERALIH FUNGSI JADI LAPAK BERDAGANG

Agung mengatakan, upacara diikuti oleh 11 orang di Pos Pendakian Gunung Elbrus, Barrel Hut. Selain mengibarkan bendera Merah Putih, tim juga membacakan teks naskah proklamasi Indonesia dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Sebelumnya, tim [email protected] berencana mengibarkan bendera di Puncak Gunung Elbrus di ketinggian 5.642 mdpl. Namun, tim terkendala cuaca buruk di Gunung Elbrus.

“Cuaca dari tanggal 16 Agustus sore memang hujan air dan es. Kadang turun sejam lalu berhenti lagi,” ungkapnya.

Ia menyebutkan, satu tim pendaki sebelum tim [email protected] juga gagal mencapai puncak Gunung Elbrus. Agung mengatakan, tim sempat bertemu di ketinggian 4.000-an mdpl dan mendapat informasi bahwa keadaan cuaca lebih buruk.

Baca Juga  Bantah Doli Kurnia, Demokrat Tetap Akan Lanjutkan Revisi RUU Pemilu

“Yang pasti hari ini tim sudah mencoba untuk upacara di puncak Gunung Elbrus dengan sedikit menyerempet risiko untuk menghormati bendera Merah Putih tapi apa daya alam tidak mengizinkan,” pungkas Agung.

Selanjutnya, tim akan mencoba menuju ke Puncak Gunung Elbrus pada tanggal 19 Agustus 2016. Prakiraan cuaca hingga tanggal 18 Agustus 2016 masih terpantau buruk.

“Langit putih. Puncak Elbrus juga tidak kelihatan. Ada celah cerah tanggal 19 Agustus, Insya Allah kita coba ke puncak,” jelasnya.

Sebelumnya, tim mulai menyesuaikan kondisi tubuh dengan medan pendakian atau aklimatisasi mulai tanggal 13 Agustus 2016. Tim [email protected] melakukan pendakian Gunung Elbrus melalui sisi selatan.

Gunung Elbrus di Rusia tercatat sebagai dataran tertinggi di Benua Eropa. Gunung Elbrus juga termasuk tujuh gunung tertinggi di dunia. Tim [email protected] adalah sekumpulan pendaki asal Indonesia yang berusia di atas 50 tahun. Sebagian besar anggota tim [email protected] merupakan anggota Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI).

(KOMPAS.com)

Share :

Baca Juga

Headline

Jokowi Divaksin Covid-19 Dosis kedua

Headline

Klaim Tak Mau Dipolitisasi, Husin Cabut Laporan Polisi Terhadap Greenpeace Indonesia

Headline

Polda Metro Jaya Putar Balikkan 18.708 Kendaraan Menuju Jakarta

Megapolitan

Fordim Jakarta: Gubernur Jangan Salah Pilih Pemimpin Pendidikan di Jakarta

Headline

Menuai Banyak Protes, Pemerintah Akan Tunda Pembahasan RUU HIP

Headline

Pemerintah dan Muhammadiyah Sama Tetapkan 1 Syawal Jatuh Pada Minggu, 24 Mei 2024

Headline

Mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar Akhirnya Ditahan KPK Terkait TPPU

Ekonomi

Mendag Yakin RCEP Beri Spill Over Effect Kinerja Ekspor