Home / Ekonomi / Headline / Nasional / Top News

Minggu, 5 April 2020 - 13:52 WIB

IMF : Saat Ini Krisis Ekonomi Global Lebih Buruk Dibandingkan 2008

Nasionalpos.cpm, Jakarta – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Kristalina Georgieva pada Jumat (3/4/2020) memperingatkan resesi yang lebih buruk daripada krisis keuangan global pada 2008.

“Kita sekarang dalam resesi, jauh lebih buruk daripada krisis keuangan global,” kata Georgieva pada Jumat dalam konferensi pers bersama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mencatat “dua krisis” – krisis kesehatan dan ekonomi – disebabkan oleh wabah COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah IMF.

Baca Juga  Bupati Bogor : Banjir di Gunung Mas Akibat Banyak Lahan PTPN Jadi Hotel

Georgieva menekankan bahwa menyelamatkan nyawa dan melindungi mata pencaharian harus berjalan seiring ketika Virus Corona menyapu seluruh dunia.

Menurut WHO, lebih dari satu juta kasus COVID-19 yang telah dikonfirmasi telah dilaporkan, termasuk lebih dari 50.000 kematian.

Untuk mengakomodasi lonjakan ini, IMF mengerahkan total kapasitas keuangan satu triliun dolar AS, kata Georgieva, menekankan bahwa “kami bertekad untuk menggunakan sebanyak yang diperlukan dalam melindungi ekonomi.”

Memperhatikan bahwa hampir 90 miliar dolar telah keluar dari pasar negara berkembang, bahkan lebih dari skala yang terlihat selama krisis keuangan global 2008, Georgieva mengatakan IMF memobilisasi bantuan pembiayaan darurat ke negara-negara emerging markets dan negara-negara berkembang, yang terpukul keras oleh pandemi.

Baca Juga  Empat Nama Ini Diduga Terlibat Kasus Joko Tjandra

Lebih dari 90 negara telah mengajukan permintaan kepada IMF untuk pembiayaan darurat, kata Georgieva, menyerukan negara-negara ini untuk memprioritaskan penggunaan pembiayaan guna membayar pekerja kesehatan, memastikan fasilitas kesehatan berfungsi dengan baik, serta mendukung orang-orang dan perusahaan yang rentan.

Dia memperingatkan gelombang kebangkrutan dan PHK akan membuat pemulihan semakin sulit. Demikian dilansir dari Antara. (*)

Share :

Baca Juga

Ekonomi

Utang Indonesia Mencapai Rp5.817,02

Nasional

Narkoba Merambah Kaum Pelajar

Headline

Kejagung Ganti Jaksa KPK Yang Tangani Kasus Harun Masiku

Headline

Update Data Corona (9/7/2021) Jumlah Pasien Positif 2.455.512 Orang dan Meninggal 64.631 Orang

Headline

Cerita Jimmy Sehari Bersama Anies Berjibaku Hadapi Banjir

Ekonomi

Komisi XI DPR Segera Tentukan Nasib Destry

Headline

Update Corona (29/4/2020) Jumlah Pasien Positif 9.771 Orang Dan Meninggal Menjadi 784 Orang

Politik

“Di Pilih Karena Sentuhan Karya untuk Warga Jakarta”