Home / Ragam / daerah / Nasional / Top News

Minggu, 14 Agustus 2022 - 20:39 WIB

Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnah

Illustrasi Sholat

Illustrasi Sholat

NasionalPos.com, —— Jadwal Sholat Lima Waktu, Semua kaum muslim sepakat bahwa sholat lima waktu harus dikerjakan pada waktunya. Dalilnya adalah firman Allah Subhanahu wa Ta’ala  إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا “Sesungguhnya sholat itu adalah fardhu/wajib yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. [ QS. An Nisa’ (4) : 103]

Berikut Ini Jadwal Sholat Yang Dapat Anda Pilih Sesuai Lokasi

 

Jadwal Sholat yang dicantumkan diatas adalah jadwal untuk satu bulan ini, tetapi anda juga bisa melihat jadwal Sholat untuk hari ini sesuai urutan tanggalnya.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan berbagai kemudahan terus dibuat dan membuat lebih praktis dalam segala hal termasuk dalam beribadah khususnya sholat fardu.

Dimana di atas ini telah dicantumkan jadwal sholat fardu untuk yang beragama Islam (Muslim), semoga bisa mempermudah kita untuk sholat pada waktunya.

Kaidah penentuan Jadwal Sholat yaitu “Pergerakan Matahari ” dilihat dari bumi.

Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnah

Jaman dahulu sebelum kaum muslimin menemukan hisab/perhitungan falak/astronomi, waktu sholat ditentukan berdasarkan pengamatan terhadap gejala alam dengan melihat langsung matahari. Kemudian berkembang dengan dibuatnya Jam Surya atau Jam Matahari serta Jam Istiwa atau sering disebut Tongkat Istiwa dengan kaidah bayangan matahari. Menurut Hadits Riwayat Muslim, waktu sholat fardhu didasarkan pada pergerakan matahari dilihat dari bumi. Dalam pelaksanaannya, waktu sholat memiliki waktu dan durasi yang berbeda satu sama lain.

Adapun Ketentuan Waktu Sholat, Yaitu :

Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnah

Dhuhur —— Ketika matahari telah condong (ke barat) dan bayangan seseorang sama dengan tingginya, serta selama waktu sholat Ashar belum tiba
Ashar —— Selama matahari belum menguning
Maghrib —— Selama awan merah belum menghilang
Isya —— Hingga tengah malam
Shubuh —— Semenjak terbitnya fajar hingga matahari belum terbit

Baca Juga  Tanggapi Penangkapan Petani Sawit, Johan Rosihan Politisi PKS Sesalkan Terjadi Tindak Kekerasan

Dari kelima waktu tersebut, waktu yang paling utama dalam melaksanakan sholat fardhu adalah awal waktu. Sebagaimana sabda Rasulullah yang dicatat dalam Hadits Riwayat Bukhari-Muslim, yaitu: “Perbuatan yang paling mulia ialah sholat pada awal waktunya.”

Sholat Fardhu Di Akhir Waktu

Sekalipun dianjurkan melaksanakan sholat fardhu di awal waktu, mengerjakan sholat fardhu diakhir waktu juga diperbolehkan. Sebagaimana keterangan kitab Muhadzab juz I, halaman 53. Dibolehkannya sholat diakhir waktu ini, didasarkan pada sabda Rasulullah yaitu: “Awal waktu itu ridha Allah dan akhirnya adalah maafnya Allah.

Dan jika tidak diperbolehkan mengakhirkan, niscaya akan sempitlah manusia, maka dimaafkan bagi mereka dengan mengakhirkannya”.Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnah

Hanya saja yang dimaksud dengan mengakhirkan sholat harus dengan alasan yang bisa diterima. Menunda-nunda waktu sholat dengan melaksanakan sholat diakhir waktu tanpa alasan yang jelas menurut Ibnu Abbas termasuk kategori menyia-nyiakan sholat. Ibnu Abbas berkata: “Makna menyia-yiakan sholat bukanlah meninggalkannya sama sekali, tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya.”

Selain itu juga termasuk kategori orang-orang yang lupa akan sholatnya. Sa’ad bin Abi Waqqash berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah saw, tentang orang-orang yang lupa akan salatnya (menurut QS. Al-Maa’uun: 4-5, red.). Beliau menjawab, yaitu mengakhirkan waktunya.”

Diluar waktu sholat yang telah ditentukan, seseorang akan dianggap meninggalkan sholat fardhu. Menurut Hadits Riwayat Ahmad, meninggalkan sholat fardhu berarti melepaskan diri dari jaminan Allah. Mu’adz bin Jabal meriwayatkan, Rasulullah saw. Bersabda: “Barang siapa meninggalkan sholat wajib dengan sengaja, telah lepas darinya jaminan dari Allah Azza wa Jalla,” (HR Ahmad).

Waktu Terlarang Mengerjakan Sholat Sunnah

Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnah

sholat sunnah merupakan sholat yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Hal ini karena sholat sunnah dapat menjadi penyempurna sholat fardhu yang memiliki kekurangan, sebagaimana keterangan HR. Abu Dawud dalam kitab ash-Shalaah. Sebagai sholat yang dianjurkan, sholat sunnah khususnya sholat sunnah muthlaq bisa dilakukan kapan saja karena tidak ditentukan waktunya.

Baca Juga  Latihan Perencanaan Strategis TNI AU Perwira

Namun demikian, terdapat waktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat sunnah. Menurut catatan HR. Muslim (I/294) dan Abu Dawud (2/1277), ada tiga waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat sunnah, yaitu: ketika matahari mulai terbit hingga naik, ketika matahari berada di tengah (tengah hari), dan ketika matahari doyong hendak terbenam hingga terbenam.

Akan tetapi terkait sholat Tahiyat, sujud tilawah, sujud syukur, sholat Id, sholat Kusuf, sholat Jenazah, dan sholat-sholat yang diqadha, menurut Imam Asy-Sayukani terdapat perbedaan pandangan mengenai dibolehkan atau tidak dibolehkannya untuk dilakukan di waktu-waktu terlarang.

Menurut madzhab Imam Syafi’i beserta kelompoknya, semua sholat di atas diperbolehkan tanpa dimakruhkan. Sedangkan menurut madzhab Imam Abu Hanifah dan madzhab lainnya, sholat-sholat di atas termasuk yang dilarang berdasarkan keumuman hadits.

Demikian informasi untuk Jadwal Sholat Lima Waktu Fardhu dan Sunnahnya sesuai dengan lokasi anda.

Semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Segala puji hanya milik Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah mengutus para Rasul, menurunkan al-Qur-an, membuat syari’at, menetapkan hukum, dan menjelaskan halal dan haram kepada hamba-hamba-Nya. Aku bersaksi bahwasa tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar kecuali Allah yang Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam (صلى الله عليه و سلم) adalah hamba dan Rasul-Nya. Semoga shalawat dan salam dicurahkan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (صلى الله عليه و سلم), keluarganya dan para Sahabatnya.

 

**DM

Share :

Baca Juga

Tersangka KPK Nurhadi dan Rezky Herbiyono di gedung KPK

Headline

KPK Pamer Tersangka Nurhadi dan Menantunya Sebelum Dijebloskan ke Rutan
Khofifah

Headline

Gubernur Jatim Tetap Izinkan Sholat Idul Fitri di Masjid

Nasional

BNNK Tanjungbalai Gelar Penyuluhan Anti Narkoba dikalangan pelajar
Fayakun

Top News

Ketua DPD I Golkar DKI Diduga Terima Suap Bakamla
pusat kebugaran

Headline

Serangan Gelombang Kedua Covid-19, Beijing Tutup Pusat Kebugaran
demo tolak otsus papua

Headline

Ratusan Organisasi dan Ribuan Orang Tolak Revisi UU Otsus Papua
Joko Chandra

Headline

Joko Tjandra Tak Jelas Keberadaannya, Sidang PK Kasus Bank Bali Ditunda
penjara gilboa

Headline

Tahanan Warga Palestina Bobol Penjara Israel