Home / Headline / Hukum / Nasional / Top News

Kamis, 19 Maret 2020 - 15:16 WIB

Jaksa Agung Perintahkan Anak Buah Pidankan Para Penimbun Masker dan Sembako

Nasionalpos.com, Jakarta – Jaksa Agung RI ST Burhanuddin menegaskan para penimbun sembako, masker dan obat-obatan akan diancam tuntutan pidana. Untuk itu,  para jaksa yang menangani perkara penimbunan tersebut agar memberikan tuntutan pidana maksimal kepada para pelakunya.

“Menyikapi fenomena penimbunan yang terjadi di tengah-tengah usaha kita bersama untuk mencegah dan menangkal virus Covid-19, saya selaku Jaksa Agung RI memerintahkan para jaksa dalam menangani kasus-kasus seperti penimbunan masker, obatan-obatan, dan kebutuhan sembako serta penyebar hoax terkait corona agar setiap pelakunya diberikan tuntutan pidana maksimal,” kata ST Burhanuddin, di Jakarta, Kamis (19/2/2020).

Baca Juga  Indonesia Akan Menjadi DK PBB

Menurutnya,  aksi penimbunan masker sangat meresahkan dan membebani masyarakat, terlebih untuk strata ekonomi menengah ke bawah karena keberadaan masker yang semakin langka dan harganya kian tinggi.

Sementara, barang-barang seperti masker dan hand sanitizer, telah menjadi komoditi yang paling diburu masyarakat Indonesia. Karena itu, pemerintah terus berupaya untuk menjamin ketersediaannya.

Baca Juga  Yasonna Persilahkan Masyarakat Gugat UU MD3 Yang Sudah Tercatat di Lembaran Negara

“Sungguh disayangkan karena dalam situasi yang memilukan ini ternyata dimanfaatkan segelintir orang untuk meraup rupiah secara tidak bertanggungjawab dengan menimbun besar-besaran masker bahkan di antaranya ternyata berkualitas di bawah standar yang ditetapkan,” ungkapnya.

Dia berharap dengan adanya kebijakan ini timbul efek jera sekaligus peringatan kepada setiap orang agar tak melakukan hal tersebut di tengah upaya pemerintah mencegah dan menangkal virus corona.

“Semoga bisa menimbulkan efek jera sekaligus menjadi peringatan bagi yang lainnya untuk tidak melakukan hal yang sama,” pungkasnya. (*)

Share :

Baca Juga

Top News

Gatot Nurmantyo Bidik Koruptor

Headline

Mantan Staf Sekjen PDIP Ungkap Ada Dana Untuk Lobi Komisioner KPU

Ekonomi

Mendag Yakin RCEP Beri Spill Over Effect Kinerja Ekspor

Headline

Update Data Corona (19/1/2021) Jumlah Pasien Positif 927.380 Orang dan Meninggal 26.590 Orang

Megapolitan

Srikandi Pemuda Pancasila Jakpus Gelar Baksos

Headline

Hadapi Virus Corona, KPK Akan Gelar Sidang Melalui Vicon

Headline

Mahasiswa Muhammadiyah Makassar Demo Anggap Jokowi – Maruf Gagal Total

Headline

Massa Turun ke Jalan Pasca Politikus Swedia Bakar Alquran