Home / Nasional / Politik / Top News

Selasa, 30 Januari 2018 - 19:49 WIB

JK Minta Penunjukan Penjabat Gubernur Perhatikan Psikologi Masyarakat

Jusuf Kalla

Jusuf Kalla

Nasionalpos.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)  meminta wacana penunjukan penjabat gubernur dari Polri dipertimbangkan dengan matang.

JK meminta penunjukkan itu harus hati-hati dan mempertimbangkan psikologi masyarakat khususnya di wilayah yang akan dipimpin pejabat bersangkutan. Meskipun, tidak ada aturan yang dilanggar jika rencana itu dilaksanakan.

“Tergantung psikologinya bagaimana, ini soal kebijakan jadi biar nanti Presiden mengambil kebijakannya,” kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (30/1/2018).

Baca Juga  M Sidik: Kita Diancam via Medsos, Polisi Sarankan Batal, Kita Tunda Demo

JK mengungkapkan bahwa beberapa tahun lalu, ada perwira tinggi Polri yang ditunjuk sebagai penjabat Gubernur Sulawesi Barat.

Saat itu, tidak ada protes dari masyarakat sehingga pemerintahan berjalan aman dan lancar. Karena itu, wajib mempertimbangkan psikologi masyarakat.

JK juga tidak memungkiri apabila dalam Pilkada 2018 ini ada potensi konflik kepentingan. Sehingga, wacana itu harus benar-benar dipertimbangkan soal psikologi masyarakat.

Baca Juga  JPM Desak Menteri PUPR Batalkan Proyek Air Baku di Siborongborong, Sumut dan di Kalteng

Sebelumnya, Kemendagri mengusulkan Asisten Operasi (Asops) Kapolri yang juga mantan Kapolda Metro Jaya InspekturJenderal Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule yang diproyeksikan menjabat Penjabat Gubernur Jabar.

Serta Kepala Divisi Propam Polri Inspektur Jenderal Martuani Sormin sebagai Penjabat Gubernur Sumut. Alasannya adalah pertimbangan keamanan karena dua daerah tersebut merupakan daerah rawan konflik.  ( )

Share :

Baca Juga

Headline

BPOM Minta Hentikan Promosi Ivermectin Sebagai Obat Terapi Covid-19

Headline

Dukung Suksesnya PON XX Papua, Pangdam XVII/Cen Bersama Danrem Merauke Gowes Bersama Sejauh 100 Km dan Laksanakan Baksos

Headline

Update Data Corona (18/10/2021) Jumlah Pasien Positif 4.235.384 Orang dan Meninggal 142.999 Orang

Ekonomi

MPR Dukung Ponpes Jadi Episentrum Pengembangan Ekonomi

Headline

Gatot : Jangan Mimpi KAMI Jadi Parpol

Headline

Wapres : Ada Skema Subsidi Pulsa Untuk Siswa

Ekonomi

Jokowi Tunjuk Guru Besar ITB Jadi Dirjen Minyak dan Gas Bumi

Headline

Jalur KA Lintas Utara Kembali Beroperasi Setelah Terendam Banjir