Home / Ekonomi / Top News

Selasa, 20 Februari 2018 - 16:42 WIB

Jokowi Minta Investor Diberi Keringanan Pajak

Nasionalpos.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta agar para investor lokal dan asing diberi kemudahan berusaha diantaranya dengan pemberian insentif.

“Saya minta dikalkulasi insentif apa yang bisa ditawarkan kepada investor, baik investor dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Jokowi saat membuka rapat kabinet terbatas dengan topik insentif investasi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Untuk itu, Jokowi memerintahkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution untuk mengkoordinasikan pemberian insentif ini.

Baca Juga  MUI Jakarta Pusat Gelar Halal Bi Halal dan Rapat Kerja Tahunan

“Laaporan yang saya terima, skema insentif seperti tax holiday, tax allowance ini sudah ada, tapi pemanfaatannya masih sangat rendah sehingga perlu dievalusi,” jelas Jokowi.

Menurutnya, keringanan pajak seperti Tax Holiday atau Tax Allowance merupakan salah satu insentif yang bisa diberikan adalah

Agar lebih efektif, Jokowi juga meminta insentif investasi lain yang telah diluncurkan sebelumnya dalam paket kebijakan ekonomi, dikawal secara khusus.

Jokowi meyakini, jika pemberian insentif tersebut dikawal dengan baik, maka hal tersebut bisa menjadi bagian dari langkah-langkah perbaikan dalam kemudahan berusaha.

Baca Juga  DPR Protes Istilah "Muslim" Dalam Kasus Hoaks Yang Ditangani Polri

Hal itu sudah dilakukan negara lain dalam upaya menarik investor. Mereka berlomba-lomba menawarkan berbagai insentif untuk meningkatkan daya tarik.

Contohnya, India, Pakistan, Bangladesh, Srilanka telah menawarkan skema insentif yang menggiurkan yang diberikan kepada investor.

“Artinya, jika kita kita tidak melakukan perbaikan, inovasi, dalam pelayanan perizinan, juga memangkas regulasi yang menghambat, maka kita akan semakin ditinggal,” tegasnya. ( )

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Sabtu (6/6/2020)

Headline

Dana Tambahan Pilkada Serentak 2020 Dari APBN Sebesar Rp1 Triliun

Ekonomi

Siapkan Investasi Rp 400 Miliar, Inilah Pandangan Petinggi UC Web Tentang Indonesia

Headline

Haris : Lelang Kapal Kasus Asabri Tindakan Ilegal

Headline

Komisi III DPR Minta Polri Transparan Tangani Perkara Dokter Lois

Top News

Hasil Piala Eropa, Bisikan Kapten Kroasia Bikin Spanyol Kalah

Headline

Adhie Massardi : Koruptor Bansos Layak Disuntik Mati

Headline

Telusuri Dana Kasus Dugaan Suap Dodi Reza, KPK Perika Pengacara Alex Noerdin