Home / Headline / Internasional / Top News

Rabu, 5 Februari 2020 - 20:12 WIB

Ketua DPR Sobek Naskah Saat Trump Pidato

Nasionalpos.com, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat, Nancy Pelosi, empat kali merobek salinan pidato saat Presiden Donald Trump sedang membacakannya di podium. Sayangnya Trump tidak menyaksikan aksi yang terekam kamera tersebut dan tetap melanjutkan membaca pidato.

“Itu adalah perbuatan paling sopan yang bisa dilakukan,” kata Pelosi kepada awak media usai turun dari podium di Gedung Kongres Capitol Hill, Washington D.C., seperti dilansir Associated Press, Rabu (5/2/2020).

Dalam rekaman itu terlihat mula-mula Pelosi beranjak dari tempat duduknya dan merobek  kertas salinan pidato Trump. Dia lantas meninggalkan tempatnya ketika Trump masih melanjutkan pidato.

Baca Juga  Pengacara ABK WNI Ungkap Perlakuan Tidak Manusiawi Perusahaan Kapal China

Wakil Presiden Mike Pence yang berada di samping Pelosi terlihat hanya bertepuk tangan menyanjung pidato Trump, dan mencoba mengabaikan perbuatan Pelosi.

Di bawah podium, politikus Partai Demokrat itu kembali merobek-robek kertas salinan pidato Trump sebanyak tiga kali. Trump tetap melanjutkan pidato sepanjang 78 menit.

Pidato kenegaraan yang dilakukan Trump bertepatan dengan menjelang berakhirnya sidang pemakzulan di Senat. Meski di dalam sidang tim pemakzulan yang dipimpin Dewan Perwakilan berusaha sekuat mungkin membeberkan bukti-bukti.

Baca Juga  Fahri Hamzah: Pelaku Teror Diduga Robot Perusak Islam

Akan tetapi mayoritas fraksi Republik yang menguasai Senat menghambat seluruh upaya DPR untuk mencoba menghadirkan saksi dan meminta dokumen penting.

Sikap Pelosi menuai kecaman dari Partai Republik.

“Pidato ini tentang para pahlawan dan kelas pekerja Amerika Serikat. Dia (Pelosi) memutuskan untuk merobeknya,” kata politikus Partai Republik asal negara bagian Louisiana, Steve Scalise.

Hubungan Pelosi dan Trump memang memburuk. Keduanya tidak pernah bertegur sapa sejak Pelosi murka dalam rapat di Gedung Putih dan menyatakan Trump adalah boneka Rusia, lalu keluar ruangan. Insiden itu terjadi pada Oktober 2019.

Perseteruan Trump dan Pelosi semakin meruncing sejak DPR memutuskan membentuk panitia khusus untuk memakzulkan Trump. Demikian dilansir dari CNN Indonesia.com. (*)

Share :

Baca Juga

gempa maluku utara edit

Headline

Sejumlah Rumah Warga Kabupaten Kepulauan Tanimbar Rusak Akibat Gempa M7,5
Jimmy CK GL PRO 08

Nasional

Presiden GL Pro 08 Peringatkan & Tuntut Permohonan Maaf Ananda Sukarlan
GOWES 2

Headline

Dukung Suksesnya PON XX Papua, Pangdam XVII/Cen Bersama Danrem Merauke Gowes Bersama Sejauh 100 Km dan Laksanakan Baksos
pasien corona

Headline

Update Corona (22/5/2020) Jumlah Pasien Positif 20.796 Orang Dan Meninggal Menjadi 1.326 Orang
Helmi Kamal Lubis mantan Presdir Dana Pensiun Pertamina

Top News

Mantan Presdir Dana Pensiun Pertamina Tersangka Korupsi
Puncak Acara HUT Ke-495 DKI Jakarta

Headline

Puncak Acara HUT Ke-495 DKI Jakarta
virus corona 4

Headline

Update Data Corona (7/9/2021) Jumlah Pasien Positif 4.140.034 Orang dan Meninggal 137.156 Orang
giat ORARI 2 dan logo

daerah

Kiprah ORARI Daerah Di Penghujung Tahun 2022