Home / Nasional / Uncategorized

Kamis, 25 April 2019 - 16:08 WIB

Komit dengan Keamanan Laut, Bakamla Jalin Kerjasama dengan BMKG

Nasionalpos.com,Jakarta – Bakamla menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada kegiatan Rapat Koordinasi Nasional BMKG 2019, di Jakarta, Rabu (24/04/19). Hal itu terkait sinergi dalam meningkatkan keamanan dan keselamatan laut Indonesi.

Deputi Kebijakan dan Strategi Bakamla Laksda Bakamla Frederik Kalalembang, dikutip dari rilis didampingi Kasi Kerja Sama Lembaga Pemerintah Bakamla RI Mayor Bakamla Akhmad Firdaus, membubuhkan paraf di dalam naskah Nota Kesepahaman Kerja Sama dengan BMKG. Nota Kesepahaman ini nantinya akan ditandatangani oleh Kepala Bakamla Laksdya A. Taufiq R.

Hal ini menunjukkan komitmen Bakamla dan BMKG dalam mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan laut di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia. Usaha yang dilakukan ditujukan untuk menindak berbagai pelanggaran hukum dan ancaman yang dapat mengganggu aktivitas, pemanfaatan, dan penggunaan laut.

Baca Juga  Dinilai Netral, Kapolri Dianugerahi Mawar Merah Putih Oleh Forum API

Atas dasar Undang-Undang No. 31 Pasal 3B Tahun 2009 tentang Tujuan Penyelenggaraan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk melindungi kepentingan dan potensi nasional dalam rangka peningkatan keamanan dan ketahanan nasional, Peraturan Pemerintah No. 46 Pasal 3 Ayat 3 Tahun 2012 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Pengamatan, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Pasal 45 Ayat 2D Tahun 2016 tentang Kewajiban Penggunaan Informasi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dalam Sektor Ketahanan dan Keamanan, sangatlah sejalan dengan kewenangan Bakamla dalam melaksanakan tugas dan fungsinya. Hal ini sebagaimana tertera dalam Undang-Undang No. 32 Pasal 63 Ayat 3C Tahun 2014 tentang Integrasi Sistem Informasi Keamanan dan Keselamatan di Wilayah Perairan dan Yurisdiksi Infonesia.

Baca Juga  Update Data Corona (27/9/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 275.213 Orang dan Meninggal 10.386 Orang

Selain Bakamla, terdapat sepuluh instansi yang juga menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama, antara lain Badan Sandi Negara, Badan Pusat Statistik, Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, MNC TV dan RRI.

Tidak hanya itu, institusi pendidikan turut serta menandatangani Nota Kesepahaman Kerja Sama, seperti Universitas Brawijaya, Universitas Muhammadiyah Sorong, dan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen, Informatika dan Komputer Jayapura.(*)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Rabu (3/6/2020)

Headline

Update Data Corona (10/9/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 207.203 Orang dan Meninggal 8.861 Orang

Ekonomi

IHSG Lemah Setelah Pengumuman Dua WNI Terjangkit Virus Corona

Headline

Dianggap Menghina, Pemuda Utara Tuntut Yasonna Minta Maaf

Nasional

Anak buah Subedjo Ditangkap Pesta Sabu di Sudin Pemadam Jaktim

Headline

Jokowi Sebut Program Vaksinasi Sampai Ke Pelosok Negeri

Headline

Hakim Minta JPU KPK Hadirkan Mendag Enggartiasto Lukito

Nasional

Menkeu Sri Mulyani Akhirnya Turun Tangan Redam Rokok Jadi Rp 50 Ribu