Home / Headline / Hukum / Top News

Senin, 4 Oktober 2021 - 20:54 WIB

KPK Telusuri 8 ‘Orang’ Azis di Gedung Merah Putih

Azis Syamsuddin

Azis Syamsuddin

NasionalPos.com, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menelusuri delapan orang internal KPK yang ‘dipakai’ untuk mengamankan perkara oleh Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin.

Ikhwal munculnya delapan orang yang diduga merupakan ‘orang’ Azis di gedung merah putih, tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) Sekretaris Daerah Tanjungbalai Yusmada yang dibacakan jaksa dalam persidangan dengan terdakwa Stepanus Robin Pattuju dan Maskur Husain, Senin (4/10/2021).

Merespon hal tersebut, Plt Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, menyatakan akan melakukan pendalaman dengan cara menginformasikan tersebut kepada sejumlah saksi.

Baca Juga  KRI Tjiptadi-381 Tangkap KIA Vietnam Melakukan Ilegal Fishing Di Perairan Indonesia

“Kami memastikan setiap fakta sidang tentu akan dicek ulang dengan keterangan saksi lain ataupun terdakwa sehingga keterangan saksi tersebut masih akan terus didalami oleh Tim Jaksa KPK dengan memanggil saksi-saksi lain yang relevan dengan pembuktian fakta-fakta dimaksud,” ujar Ali melalui keterangan tertulis, Senin (4/10/2021).

Ali Juru menjelaskan para saksi yang akan dihadirkan nantinya juga akan dikonfirmasi berbagai barang bukti yang ada dalam berkas perkara Stepanus Robin dan Maskur.

Baca Juga  Update Data Sebaran Covid-19 di Indonesia, Jumat (28/8/2020)

“Harapannya tentu pada akhir sidang dapat disimpulkan adanya fakta-fakta hukum sehingga dakwaan jaksa dapat terbukti dan perkara dapat dikembangkan lebih lanjut,” ucap Ali.

Adapun BAP yang disinggung dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat itu berisi percakapan antara Yusmada dengan Wali Kota Tanjungbalai nonaktif, M Syahrial.

Jaksa KPK sempat mencecar Yusmada sebagai saksi soal perihal maksud dalam BAP tersebut, terutama terkait dengan tujuan mengamankan perkara.

“Perkara apa?” tanya jaksa.

“Enggak ada disampaikan,” jawab Yusmada. (wan)

Share :

Baca Juga

Headline

Kabakamla : Negara Harus Hadir di Perairan Natuna

Headline

Menkopolhukam Minta KPK dan Penegak Hukum Lainnya Tidak Gantung Kasus

Headline

Adakan Mediasi dengan Polri Warga Aspol Menteng Akan Ungkap Dugaan Kesalahan Polri

Nasional

Di Monas, Terjadi Pembagian Sembako Cara Usang Jaman Now

Top News

Dilaporkan ke Bareskrim, JPM Tuntut Santo Jadi Tersangka

Headline

Susunan Kabinet PM Malaysia Ismail Tak Jauh Beda Pendahulunya

Headline

WNI di Wuhan, China Sulit Pertahankan Diri Dari virus Corona

Headline

Politikus Senior Ini Mundur Jelang Kongres Demokrat