Home / Top News

Selasa, 30 Mei 2017 - 16:34 WIB

Mantan Anggota DPR Charles Jones Mesang Di Periksa KPK

Jakarta,NasionalPos — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa anggota DPR periode 2009-2014 Charles Jones Mesang dalam kasus suap. Yakni kasus pembahasan anggaran optimalisasi pada Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan pada Kawasan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun anggaran 2014.

“CJM (Charles Jonas Mesang diperiksa sebagai tersangka,” kata juru bicara KPK Febri Diansyah berdasarkan jadwal pemeriksaan di KPK, Selasa, 30 Mei 2017.

Charles merupakan salah satu tersangka dari pengembangan kasus mantan Direktur Jenderal Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi pada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Jamaluddien Malik.

Baca Juga  Polri Catat 106 Narapidana Kembali Berulah Setelah Bebas Lewat Asimilasi

Dalam perkara ini, ia diduga menerima suap terkait pembahasan anggaran optimalisasi pada Direktorat Jenderal Pembinaan Pembangunan pada Kawasan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun anggaran 2014. Saat itu, Charles menjabat sebagai anggota Komisi bidang Ketenagakerjaan DPR, seperti dilansir Tempo.co.

Charles diduga menerima duit sebesar Rp 9,75 miliar. Duit itu diterima Charles berasal dari total anggaran optimalisasi anggaran tersebut. Ia menerimanya bersama dengan Jamaluddien.

Namun Febri mengatakan Charles telah mengembalikan duit korupsi senilai US$ 80 ribu atau sekitar Rp 1 miliar (Kurs US$=Rp 13.340). Duit yang diserahkan anggota DPR itu diduga ada kaitannya dengan kasus korupsi di Direktorat Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (P2KTrans).

Baca Juga  Haris : Lelang Kapal Kasus Asabri Tindakan Ilegal

Akibat perbuatannya, Charles disangka oleh KPK melanggar Pasal 12 huruf a atau b atau Pasal 11 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. []

Share :

Baca Juga

Headline

BEM dan 109 LSM Bela ICW Soal Somasi Moeldoko

Headline

Aliansi Selamatkan Merah Putih Berharap MUI Tunjuk Panglima Masiroh Kubro

Politik

Ketum PBB Akan Perjuangkan Pembentukan Propinsi Papua Barat Daya

Ekonomi

Sri Mulyani Sebut Penerimaan Pajak Turun 2,5 Persen

Headline

Jokowi Diminta Turun Tangan Pulangkan Joko Tjandra

Headline

Jubir JK Tegaskan Kepulangan HRS Tak Terkait JK

Ekonomi

OJK : Rasio Kredit Bermasalah Pada Juni Sudah Mencapai 3,11 Persen

Headline

Siapakah Kelompok Antifa Yang Dituding Trump Berada Dibalik Aksi George Floyd