Home / Headline / Politik / Top News

Selasa, 22 Juni 2021 - 23:11 WIB

Muhammadiyah Ingatkan Politikus Jangan Cari Panggung di Masa Pandemi

Jakarta,NasionalPos.com – Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir mengingatkan agar para politikus dan pejabat di Indonesia fokus menangani persoalan pandemi virus corona (Covid-19) ketimbang mengejar popularitas demi kepentingan politik.

Hal itu ia sampaikan merespons para politikus, aktivis dan tokoh politik yang melakukan berbagai macam kegiatan politis di tengah pandemi.

“Perlu mempertimbangkan situasi dan ada pertanggungjawaban. Menjadi bermasalah ketika hanya mengejar popularitas, mengejar kepentingan politik sendiri atau kelompok lalu mengabaikan atau tidak mementingkan kepentingan yang lebih luas di tengah kondisi pandemi,” kata Haedar dalam keterangannya di situs resmi Muhammadiyah yang dikutip Selasa (22/6/2021).

Baca Juga  KPK Telusuri 8 ‘Orang’ Azis di Gedung Merah Putih

Haedar mafhum bahwa kerja-kerja para politikus selalu dinamis mengikuti perkembangan politik untuk merebut simpati rakyat hingga investasi dukungan. Namun, sudah sepatutnya kegiatan itu harus mempertimbangkan situasi dan kondisi tertentu.

Saat pandemi Covid-19 semakin meningkat seperti sekarang, Haedar mengimbau agar elite politik termasuk elite pemerintah daerah fokus mengoptimalkan peran meringankan beban pandemi.

“Semestinya politisi memiliki pertanggungjawaban etik, pertanggungjawaban kebangsaan agar lebih mengembangkan kegiatan, perhatian dan jalinan kerja sama untuk menyelesaikan pandemi ini,” kata Haedar.

Baca Juga  Jokowi Reshuffle Kabinetnya, Internasional Sorot Mantan Menteri Yang Diciduk KPK

Ia meminta elite bersabar. Pemilu akan ada waktu dan tahapannya sendiri di kemudian hari. Kerja-kerja mengentaskan pandemi pada saat ini adalah prioritas yang disebut Haedar sebagai sebuah kearifan politik.

Bursa calon presiden 2024 bergema belakangan ini meski kasus positif di Indonesia terus melonjak. Sejumlah nama masuk dalam bursa tersebut, mulai dari ketua partai politik hingga kepala daerah.

Bersamaan dengan merebaknya bursa capres, para ketua parpol dan kepala daerah menggelar pertemuan yang kemudian dijadikan isu yang tambah memanaskan bursa capres 2024.(*)

Share :

Baca Juga

Headline

FAI Nilai Parpol Islam Tak Serius Perjuangkan Umat

Headline

Demokrat Ingatkan Janji Presisi Kapolri Terkait Aksi Polisi Banting Mahasiswa

Nasional

259 Taruna dan Taruni Lulus Akmil, Kasad Berikan Penghargaan Adhi Makayasa dan Anindya Wiratama

Nasional

KPK Sebut Menag Terima Rp10 Juta Terkait Suap Jabatan

Headline

Anies Umumkan Status PSBB DKI Jakarta Efektif Berlaku Jumat (10/4/2020)

Headline

Pemerintah Mengaku Penyitaan Aset BLBI Terkendala di Luar Negeri

Ekonomi

DPR Desak Pemerintah Tegas Soal Smelter Freeport

Headline

Majelis Hakim Ingatkan Azis Tidak Loby Hakim