Home / Headline / Politik / Top News

Sabtu, 24 Juli 2021 - 16:35 WIB

NasDem Minta Larangan WNA Masuk Ditegakkan Tanpa Pandang Bulu

NasionalPos.com, Jakarta – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni menegaskan bahwa kebijakan pemerintah menutup pintu masuk bagi tenaga kerja asing (TKA) selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus ditegakkan tanpa pandang bulu.

“Saya harapkan aturan ini berlaku tanpa pandang bulu, bagi TKA dari perusahaan kecil maupun besar seperti tambang,” kata Sahroni yang juga Bendahara Umum DPP artai Nasional Demokrat (NasDem) ini, Sabtu (24/7/2021)

Sahroni pun meminta aturan terkait larangan tersebut dibuat secara jelas dan disosialisasikan dengan baik agar tidak menimbulkan kebingungan di kalangan industri.

Baca Juga  KPUD Jakarta Tak Melarang Kampanye Hitam

Menurutnya, kebijakan larangan TKA masuk Indonesia sudah sepatutnya diambil di tengah lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini. Mengingat, beberapa kasus Covid-19 di Indonesia terjadi karena pengawasan terhadap kedatangan warga negara asing (WNA) sangat longgar selama ini.

“Memang sudah saatnya ada kebijakan seperti ini, mengingat beberapa kasus di Indonesia diakibatkan oleh longgarnya pengawasan terhadap WNA yang masuk,” tandasnya.

Sebelumnya, pemerintah resmi menutup pintu bagi TKA masuk wilayah Indonesia selama masa PPKM. Ketentuan itu tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 27 Tahun 2021 yang diteken oleh Yasonna Laoly pada 21 Juli 2021.

Baca Juga  Telusuri Aset Buronan Nurhadi, KPK Periksa Dua Pengusaha

“Orang asing yang boleh memasuki wilayah Indonesia hanya pemegang Visa Diplomatik dan Visa Dinas, pemegang Izin Tinggal Diplomatik dan Izin Tinggal Dinas, pemegang Izin Tinggal Terbatas dan Izin Tinggal Tetap, orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, serta awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya,” kata Yasonna dalam keterangan tertulis, Rabu (21/7/2021) lalu. (*)

Share :

Baca Juga

Nasional

Hari Narkoba Internasional (HANI) 2017

Megapolitan

Slamet Abadi CPA: KPU Melayani Bukan Hanya Sekedar Tagline

Headline

Update Data Corona (4/12/2020) Jumlah Pasien Positif 563.680 Orang dan Meninggal 17.479 Orang

Headline

Polisi Amankan Provokator Kerusuhan Lapas Tuminting, Manado

Headline

Pigai Nilai Mahfud Layak Dicopot Karena Lebih Banyak Bicara

Headline

Update Data Corona (20/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 147.211 Orang dan Meninggal 6.418 Orang

Ekonomi

Jokowi Akan Bahas Khusus Soal Ancaman Perang Dagang AS

Headline

Wakasad Sambut Kedatangan Satgas Bencana Banjir Bandang Adonara