Home / Nasional / daerah / Politik

Jumat, 29 Juli 2022 - 22:45 WIB

Paripurna Ke-15 DPRD Kab Sukabumi, 2 Raperda Digodok

NasionalPos.com,Sukabumi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi Jawa Barat tengah melakukan pembahasan dan kajian terhadap dua raperda pada rapat paripurna ke-15 DPRD Kabupaten Sukabumi yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab Sukabumi, Pelabuhanratu pada Jumat (29/07/22).

Dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang digodok dalam rapat paripurna ke-15 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Sukabumi itu di antaranya Raperda tentang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Kemitraan dan Bina Lingkungan dan Raperda tentang Pengelolaan Perikanan.

“Hari ini adalah jawaban dari bupati yang tadi diwakili oleh Pak Wakil Bupati dalam menjawab Raperda tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan Kemitraan dan Bina Lingkungan dan Raperda tentang Pengelolaan Perikanan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara usai rapat.

Yudha menerangkan dua Raperda tersebut nantinya akan dibahas secara mendalam melalui komis-komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupten Sukabumi.

“Di mana untuk Raperda tentang Tanggungjawab Sosial Perusahaan atau CSR [Corporate Social Responsibility] ini dibahas secara komisional melalui Komisi II dan juga perihal mengenai Pengelolaan Perikanan itu dibahasa melalui Komisi III,” sambung Yudha.

Paripurna Ke 15 DPRD Kab Sukabumi

Yudha menilai dua Raperda tersebut sangat penting karena umumnya di Kabupaten Sukabumi banyak sekali industri-industri besar yang tentunya dapat memberikan kontribusi bagi pembangunan masyarakat Kabupaten Sukabumi.

“Raperda tentang CSR ini memang betul-betul hal yang sangat penting sekali, di mana memang masyarakat ini pun banyak bertanya, banyak mengajukan aspirasi kepada DPRD perihal mengenai kejelasan CSR di Kab Sukabumi, sedangkan di Kabupaten Sukabumi banyak sekali industri,” kata dia.

Dua Raperda tersebut adalah revisi dari Peraturan Daerah yang sudah ada untuk dilakukan penyempurnaan terhadap peraturan-peraturan mengenai CSR. Hal tersebut, terang Yudha merupakan salah satu langkah DPRD bersama pemerintah daerah atau eksekutif untuk kepentingan pembangunan yang lebih baik di Kabupaten Sukabumi.

“Jadi ini masih masuk dalam tahapan Raperda dan ini masuk di dalam tahapan pembahasan nanti dibahas secara komisional. Nanti pun akan FGD [focus group discussions]. insya Alloh nanti FGD-nya akan melibatkan aspek masyarakat yang notabene yang berkaitan dengan urusan CSR.”

“Jadi nanti akan banyak jajak pendapat dari masyarakat. Kira-kira seharusnya seperti apa dan juga kami berharap agar Perda yang akan lahir ini betul-betul bisa lebih menertibakan dan lebih membuat sebuah langkah-langkah yang baik untuk kontribusi CSR untuk masyarakat Kabupaten Sukabumi,” tutup Yudha.

Untuk diketahui, rapat paripurna DPRD Kabupaten Sukabumi ke-15 ini dipimpin oleh Ketua DPRD Yudha Sukmagaradidampingi Wakil Ketua II M. SodikinWakil Ketua III Yudi SuryadikramaWakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri,serta dihadiri unsur Forkopimda, anggota DPRD dan OPD Kabupaten Sukabumi.(*)

Share :

Baca Juga

Stafsys milenial

Headline

LAKI Desak Jokowi Copot dan Proses Hukum Stafsus Presiden Andi Taufan
IMG 20211222 WA0400 copy 521x347

Nasional

Bakamla Menjaga Laut Nusantara Untuk Masa Depan Bangsa
Artidjo

Headline

Diantar Jajaran KPK, Artidjo Dimakamkan di Pemakaman UII, Yogyakarta
bamsoet1

Politik

Bamsoet Ingatkan Pentingnya Membangun Kekuatan Pertahanan Indonesia 2045
Ridwan Kamil

Headline

Ridwan Kamil Nilai Makan 20 Menit di Warung Kurang Manusiawi
pasien corona

Nasional

Update Data Corona (11/2/2022) Jumlah Pasien Positif 4.708.043 Orang dan Meninggal 144.958 Orang
pasien corona

Headline

Update Data Corona (24/8/2020) Korban Jumlah Pasien Positif 155.412 Orang dan Meninggal 6.759 Orang
Jhon KIRBY edit

Headline

Dalam Perang Lawan Ukraina, AS Desak Cina Tidak Dukung Rusia