Home / Headline / Politik / Top News

Sabtu, 4 Desember 2021 - 19:04 WIB

Pemilih Tinggalkan Prabowo dan Beralih ke Sandi

Prabowo

Prabowo

NasionalPos.com, Jakarta – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto kian ditinggalkan pemilih dan mulai berlaih ke Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Hal itu berdasarkan survei elektabilitas yang digelar Indonesia Political Opinion (IPO). Hasil survey menunjukkan elektabilitas tertinggi diraih oleh Gubernur DKI Anies Baswedan yang dipilih 21,3 persen responden, disusul oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di posisi dua dengan raihan 13,8 persen.

Survei yang digelar pada 29 November-2 Desember 2021 terhadap 1.200 responden ini mengurutkan 30 nama tokoh untuk Pemilu Presiden 2024.

Baca Juga  FAI : Melantik Wamen Bukan Pejabat Karir, Presiden Melanggar UU?

Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan sampling error 2,5 persen dan tingkat akurasi data 95 persen.

“Membaca tingkat popularitas, elektabilitas dan penerimaan publik terhadap tokoh-tokoh potensial terutama Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto, terlihat mencolok jika Prabowo mulai ditinggalkan beralih ke Sandiaga Uno yang mulai merangkak naik menggantikan Prabowo,” kata Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra dalam diskusi virtual, Sabtu (4/12/2021).

Untuk posisi tiga, lanjut Dedi, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 11,6 persen. Kemudian muncul Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi empat dengan 10,2 persen.

Baca Juga  Update Data Corona (17/1/2022) Jumlah Pasien Positif 4.272.421 Orang dan Meninggal 144.174 Orang

Sementara Prabowo baru muncul di posisi lima dengan raihan 8,4 persen responden. Setelahnya, ada nama Ridwan Kamil (7,5 persen), Zulkifli Hasan (4,2 persen), Puan Maharani (2,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (2 persen), dan Erick Thohir (1,2 persen).

Menurut Dedi, ada beberapa faktor yang digunakan dalam menilai elektabilitas nama yang diprediksi muncul dalam Pilpres 2024 tersebut. Faktor tersebut di antaranya prestasi, wibawa, kejujuran, ketegasan, dan religiusitas. (*)

 

Share :

Baca Juga

Headline

Presiden : Indonesia Sedang krisis Ekonomi

Ekonomi

BI Pastikan Suku Bunga Acuan Tetap Rendah

Ekonomi

Wapres Ma’ruf : Jumlah Wiraushawan Kurang

Headline

Fajroel Bilang Jokowi Tolak Perpanjang Masa Jabatan dan 3 Periode

Headline

Korps Marinir Adakan Peringatan Nuzulul Qur’an

Headline

Trump Akan Larang 92 Juta Anggota Partai Komunis China Masuk AS

Headline

Inggris Pindahkan “Predator Seks” Reynhard Ke Penjara Khusus Penjahat Berbahaya

Headline

Serangan Drone Turki Tewaskan Jedral Irak