Home / Ekonomi / Headline / Nasional / Top News

Jumat, 16 Agustus 2019 - 20:54 WIB

Pengamanan Pilkada, Kemenhan dan Polri Dapat Anggaran Terbesar di RAPBN 2020

Nasionalpos.com, Jakarta – Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjadi tiga kementerian dan lembaga yang mendapatkan porsi anggaran terbesar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat Kemenhan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp127,4 triliun atau meningkat dibanding proyeksi tahun ini yang sebesar Rp109,6 triliun, Kementerian PUPR sebesar Rp120,2 triliun dan Polri tercatat Rp90,3 triliun.

Baca Juga  IPPNU Kecam Ahok Yang Mengancam KH. Ma’ruf Amin

“Anggaran di Kemenhan dan Polri memang cukup besar untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun depan,” jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Diketahui, Pilkada serentak pada 2020 akan digelar di 270 kabupaten dan kota di Indonesia. Menteri Dalam Negeri (mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak sudah harus dimulai tahun ini.  “Tanpa terasa, tahapan-tahapan memasuki 270 pilkada serentak sudah harus dimulai akhir tahun ini untuk pelaksanaan September tahun depan,” kata Tjahjo di kantornya Kamis (15/8/2019).

Baca Juga  Walikota Bekasi Temui Anies di Balaikota Bahas Soal Sampah

Sementara Kementerian PUPR juga tergolong besar anggarannya, karena pemerintah menaikkan anggaran infrastruktur dari Rp399,7 triliun di tahun ini menjadi Rp419,2 triliun di tahun depan.

Anggaran PUPR akan dibelanjakan untuk konstruksi 837 kilometer (km) jalan baru, 6,9 km jembatan baru, dan 49 bendungan baru. (*)

Share :

Baca Juga

Headline

Rijal Kobar, Korlap Aksi 1812 Sambangi Polda Metro Jaya

Nasional

Nelayan Tank Kerang Minta Jaminan Keamanan Melaut

Politik

“Di Pilih Karena Sentuhan Karya untuk Warga Jakarta”

Headline

Meski Dibantah, Nurdin Abdullah Yakin Serahkan Rp200 Juta Kepada Cakada Bulukumba

Ekonomi

Pemerintah Tarik Utang, Cadangan Devisa Bertambah

Headline

Jokowi Tunda Pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja

Headline

Israel Curigai Iran Dibalik Serangan ke Kapal Kargo

Headline

Muhammadiyah Desak DPR Hentikan Pembahasan RUU HIP